Google Podcast di iOs Punya Tampilan Baru

TheVerge  РGoogle resmi merilis aplikasi podcast besutannya, yakni Google Podcast, pertama kalinya untuk perangkat iOS. Sebelumnya, layanan podcast besutan perusahaan teknologi raksasa asal Mountain View, California, AS ini hanya tersedia bagi perangkat dengan sistem operasi (OS) Android sejak Juni 2018. Artinya, butuh sekitar dua tahun untuk Google agar bisa menghadirkan layanan podcast bikinannya ke aneka perangkat keluaran Apple.

Google Podcast versi iOS hadir dengan tampilan antarmuka yang diperbarui, di mana pengguna akan menemukan tiga tab anyar yang berada di bagian bawah tampilan antarmuka aplikasi. Ketiga tab tersebut mencakup “Home”, “Explore”, dan “Activity”.

Tab Home berisi sejumlah konten terbaru dari penyiar podcast yang telah diikuti (subscribed), sementara tab Explore berguna untuk mencari konten podcast berdasarkan genre, atau sekadar mencari tahu podcast apa saja yang sedang ramai didengar oleh khalayak. Tab Activity sendiri, seperti namanya, adalah fitur yang menampilkan seluruh aktivitas pengguna di Google Podcast, seperti riwayat konten podcast yang sudah didengar, diunduh, hingga penyiar terkait yang sudah diikuti. Tampilan baru Google Podcast dengan tiga tab.

Kehadiran ketiga tab ini boleh dibilang merupakan sesuatu yang baru di Google Podcast. Pasalnya, tampilan Google Podcast versi Android saat ini masih mengusung satu halaman yang berisi seluruh konten podcast, baik yang trending maupun yang sudah di-subscribe, alih-alih dipecah ke dalam tiga tab. Kabar baiknya, Google berencana untuk memboyong tampilan baru Google Podcast yang diperkaya tiga tab tadi untuk versi Android melalui pembaruan (update) sekitar minggu ini.

Bagi pengguna iPhone, iPod Touch, hingga iPad, aplikasi Google Podcast bisa diunduh di sini, sementara untuk pengguna smartphone Android bisa mendapatkannya di tautan berikut. Google Podcast juga bisa diakses di desktop (PC) lewat situs https://podcasts.google.com/. Seluruh data podcast, misalnya riwayat pencarian atau konten apa saja yang sudah didengar, bakal disinkronkan secara otomatis meski pengguna mendengarnya di platform yang berbeda, asalkan mereka login dengan akun Google yang sama. (RKZ)