Dibutuhkan Talenta Dibidang AI & Data Science

Ilustrasi; AI dan Data Science. (Owned)

Peran penting Artificial Intelligence (AI) dan Data Science telah merambah keberbagai bidang misalnya dibidang industri. Adaptasi penggunaan teknologi merupakan bagian dari transformasi digital diera ini. Hal itu juga berbading lurus dengan kebutuahn akan talenta yang menguasai disiplin ilmu dibidang AI dan Data Science.

Untuk menyiapkan talenta dibidang AI dan Science diperlukan adaptasi dan perubahan pola pikir. Sebab hal ini menyangkut kesiapan terampil (hard skill) maupun pola pikir (soft skill).

Terjadi kesenjangan yang lebar antara kebutuhan Industri akan talenta dibidang AI dan Data Science dengan ketersedian yang disiapkan oleh dunia pendidikan. Sehingga, menjadi tantangan bagi perguruan tinggi untuk menyususn kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Industri. Selain itu, dibutuhkan standarisasi serta pendampingan riset dibidang AI dan Science.

Advertisements

Selain peran perguruan tinggi yang penting, industri juga harus menyiapkan program magang guna pengembangan dibidang tersebut sekaligus sasaran riset. Melalui kerja sama antara perguruan tinggi, industri dan lembaga pelatihan lainya diharapkan melahirkan talenta dan mampu beradaptasi dengan pertumbuhan digital yang begitu pesat.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dibidang perkembangan teknologi khususnya AI dan Data Science dibutuhkan kerjasama multi lembaga. Kemudian, SDM  yang lahir dibidangnya harus memiliki standarisasi yang jelas dibidangnya.