Dual Main Camera Iphone 7 Apakah Terbaik ?

Dual Main Camera iPhone 7 Plus
via ActualApple.com

Tahun 2017 adalah gebrakan dimana para vendor handphone mengeluarkan jenis handphone yang lebih mengutamakan camera. Para vendor memahami, camera yang baik ternyata mendukung penjualan yang baik pula. Hingga handphone dengan dual main camera pun bermunculan, fungsinya adalah menghasilkan gambar dengan wide yang lebih luas.

Banyak sekali handphone dengan dual main camera seperti pada handphone Oppo R11, Huawei Nova 2 PLus, OnePlus 5, bahkan sekelas Iphone 7 Plus menggunakan Dual Main Camera. Namun kemunculan iPhone 7 Plus dengan Dual Main Camera menuai banyak kritik dari para techno reviewer.  Kenapa ? Ternyata kualitas Dual Main Camera iPhone 7 tidak bekerja dengan baik, apalagi iPhone 7 terbilang cukup mahal dimana kisaran harganya $769 dengan space 32 GB.

Fitur Dual Main Camera yang dimiliki iPhone 7 Plus akhirnya dibanding-bandingkan dengan kecanggihan handphone OnePlus 5. Dengan harga selisih cukup jauh, dimana harga iPhone 7 Plus 128GB $ 869 sedangkan OnePlus 5 $ 539. Nah sebelum kita melanjutkan pembahasan coba kalian perhatikan table perbandingan Dual Main Camera yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus dan OnePlus 5.

OnePlus 5 iPhone 7 Plus
Standard-angle resolution 16 megapixels 12 megapixels
Telephoto resolution 20 megapixels 12 megapixels
Standard-angle aperture f/1.7 f/1.8
Telephoto aperture f/2.6 f/2.8
Optical image stabilization None Photos and videos (standard-angle only)
Digital image stabilization Video Video
Video 4K and HD 4K and HD
Slow motion 120fps at 720p, 60fps at 1,080p 240fps at 720p, 120fps at 1,080p
Front camera resolution 16 megapixels 7 megapixels
Front camera aperture f/2.0 f/2.2
oneplus-5-cat-graffiti-compare
via Patrick Holland/CNET

Jika kalian bandingan gambar di atas ternyata Handphone OnePlus 5 menghasilkan warna-warna yang lebih tajam dan cerah dibanding iPhone 7 Plus.

Advertisements
oneplus-5-portrait-mode-compare
via Patrick Holland/CNET

Walaupun iPhone 7 Plus kalah soal warna, tetapi iPhone 7 Plus lebih baik dalam mode potrait manusia. Tapi sayang sekali OnePlus 5 kembali unggul untuk menghasilkan gambar pada object dan foto makanan.

Seperti yang kalian lihat pada table diatas iPhone 7 masih lebih unggul untuk burst photo mode dan image stabilization, jadi jika kalian ingin menggunakan OnePlus 5 diharapkan tangan kalian tidak tremor saat mengambil gambar. OnePlus 5 sendiri masih lebih unggul untuk menghasilkan gambar pada ruangan yang kurang cahaya ( low-light ).

Nah buat kalian yang ingin membeli sebuah handphone dengan camera yang bagus, maka OnePlus 5 adalah jawabanya. Selisih harga yang terbilang cukup jauh membuat OnePlus 5 lebih unggul dalam Dual Main Camera dibandingkan dengan iPhone 7 Plus. Tapi jika kalian ingin memiliki sebuah handphone dengan system yang bagus maka iPhone adalah jawabannya 😀