Google akan Tutup layanan “Hangouts”

Logic – baru-baru ini Google secara resmi mengumumkan akan menghentikan operasional aplikasi percakapan Hangouts. Google akan mulai memigrasikan konsumen pengguna Hangouts ke Chat, sebelum Hangouts resmi tidak lagi tersedia setelah bulan November 2022.

Mengutip Engadget, apabila masih menggunakan Hangouts di perangkat mobile, pengguna akan menemukan jendela yang meminta untuk mulai memindahkan baik ke aplikasi Chat mandiri atau ke Chat di Gmail.

Dalam notifikasi tersebut, Google mendeklarasikan bahwa Hangouts telah digantikan oleh Google Chat.

Klien web Hangouts akan tetap tersedia hingga bulan November, dan Google menyebut pengguna akan mendapatkan peringatan selama setidaknya satu bulan sebelum halaman situs platform tersebut mulai secara otomatis mengalihkan ke situs Chat.

Advertisements

Sahabat Logic apabila masih aktif menggunakan Hangouts, Google berjanji kepada pengguna bahwa percakapan mereka akan secara otomatis ditransfer ke aplikasi versi lebih baru. Dengan demikian, pengguna juga dapat menggunakan layanan Takeout Google untuk mengunduh salinan data.

Google telah secara berkala menghentikan operasional merek Hangouts untuk mendukung layanan pesan versi lebih baru karyanya selama beberapa waktu terakhir. Karenanya tidak mengejutkan bila perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini akhirnya memutuskan untuk menghentikan operasional platform sepenuhnya.

Sebelumnya, nama sejumlah layanan dan aplikasi digital seperti Google, Facebook, Whatsapp, dan Instagram ramai disebut dalam daftar yang aksesnya akan diblokir di Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setelah tanggal 20 Juli 2022.

Kabar tersebut ternyata terkait Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 3 tahun 2022 tentang Tanggal Efektif Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat pada tanggal 14 Juni 2022.

(IFK)