Ingin Lebih Berfariasi, Tik Tok Mencoba Menerapkan Aplikasi Musik

Bytedance – yang merupakan perusahaan pengembang aplikasi Tik Tok, kini melebarkan sayapnya ke layanan aplikasi streaming musik. Bytedance mengujicoba aplikasi bernama Resso di dua negara, salah satunya di Indonesia. Aplikasi ini serupa dengan Spotify, Joox, atau aplikasi streaming musik lainnya. Pengguna bisa mendengarkan lagu-lagu favort mereka melalui aplikasi ini secara online.

Namun ada fitur yang membedakan Resso dengan Spotify atau aplikasi streaming musik lainnya. Ketika lagu diputar, Resso akan menampilkan lirik lagu yang bergulir secara otomatis. Pengguna pun bisa membubuhkan komentar atau memberi “like” pada lagu tersebut, mirip dengan aplikasi TikTok. Tidak hanya itu, pengguna juga bebas untuk menambahkan foto, video, atau GIF mereka sendiri saat lagu tersebut diputar.

Advertisements

Sejak awal, Bytedance memang menargetkan pasar negera berkembang. Oleh karena itulah Indonesia dan India dipilih untuk uji coba. Manajer Riset dan Strategi lembaga riset pasar AgencyChina, Michael Norris, mengatakan bahwa saat ini industri aplikasi streaming musik memang tengah berlomba untuk meraup pengguna aktif di negara berkembang.

Menurut pihaknya para pengembang aplikasi streaming musik seperti Spotify, Apple Music, saat ini masih menghadapi kendala untuk memonetisasi bisnis tersebut. Khususnya pada pengguna yang sensitif terhadap harga dan mereka yang pendapatannya rendah. (RKZ)