Lenovo Perkenalkan Laptop 5G

The Verge – Dalam ajang Computex yang digelar pertengahan tahun 2019 lalu, Lenovo memamerkan sebuah laptop yang diberi nama sebagai “Project Limitless”. Project Limitless digadang-gadang akan menjadi laptop pertama dengan kemampuan jaringan generasi kelima (5G).

Beberapa bulan berselang, dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2020, Lenovo akhirnya memperkenalkan “Project Limitless” tersebut sebagai Lenovo Yoga 5G. Laptop ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 8cX 5G Compute Platform, chip 7 nm pertama di dunia untuk sebuah perangkat laptop. Lenovo mengklaim bahwa perangkat ini adalah laptop pertama yang memiliki koneksi 5G. Snapdragon 8cx sndiri dibekali modem Snapdragon X55 5G, yang mengintegrasikan LTE Category 22. Modem LTE itu mampu memberikan kecepatan download maksimal hingga 2,5 Gbps.

Platform ini juga diklaim kompatibel dengan hampir semua band yang digunakan oleh operator seluler global di wilayah mana pun. Dengan demikian, Lenovo Yoga 5G akan menjadi tolok ukur untuk melihat apakah chip tersebut dapat memberikan pengalaman internet dan membuat daya tahan baterai yang sebanding dengan smartphone atau tidak.

Advertisements

Laptop ini memiliki layar FullHD IPS seluas 14 inci. Untuk sektor dapur pacu, chip Qualcomm Snapdragon 8cx 5G Compute Platform ini didampingi oleh RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB atau 512 GB. Lenovo Yoga 5G memiliki dua port USB type C dan jack audio 3,5mm. Untuk menikmati jaringan 5G, laptop ini memanfaatkan eSIM.

Memiliki berat 1,3 kilogram, layar laptop Yoga ini juga dapat dilipat hingga 360 derajat layaknya seperti tablet dengan ukuran besar. Meski belum ada tanggal pasti kapan Lenovo Yoga 5G ini akan diluncurkan, kabarnya laptop ini akan dibanderol dengan harga 1.499 dollar AS atau setara dengan Rp 20,8 juta.(RKZ)