Mengenal Lebih Jauh Flight Radar Smartphone

Flightradar24 –  adalah layanan jasa berbasis internet yang menunjukkan informasi penerbangan pesawat terbang waktu nyata pada peta. Penayangan meliputi jalur penerbangan, tempat asal dan tujuan penerbangan, nomor penerbangan, jenis pesawat terbang, posisi, ketinggian, arah dan kecepatan. Juga dapat menunjukkan tayangan ulang time-lapse jalur-jalur sebelumnya maupun sejarah data penerbangan menurut perusahaan penerbangan, pesawat terbang, jenis pesawat, wilayah maupun bandara.

Flightradar24 memperoleh data dari transponder ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast) yang dibawa oleh pesawat terbang sebagai salah satu pelengkap radar. Jika radar adalah perangkat di darat yang mengecek lokasi pesawat terbang di sekitarnya, ADS-B adalah perangkat di pesawat yang mengecek lokasinya sendiri dengan GPS lalu menyebarkan (broadcast) informasi tersebut ke penerima (receiver) di sekitarnya. Flightradar24 memiliki jaringan yang berisikan lebih dari 3000 receiver ADS-B di seluruh dunia, dengan masing-masing receiver memiliki area jangkauan antara 200-400 kilometer. Data-data yang diperoleh dari jaringan tersebutlah yang dapat Anda lihat dengan aplikasi ini. Dengan keterbatasan receiver, belum semua wilayah di bumi ini terjangkau.

Advertisements

Belum semua pesawat terbang dilengkapi oleh transponder tersebut. Sampai saat ini hanya sekitar 60% pesawat terbang komersil yang membawa ADS-B. Angka tersebut dipastikan akan terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya pesawat terbang yang akan dilengkapi transponder ADS-B.

Aplikasi ini menarik bagi Anda yang ingin mengetahui ada pesawat terbang apa saja di sekitar Anda. Anda juga dapat mengikuti jalur penerbangan pesawat tertentu, misalnya jika ada rekan atau keluarga Anda dalam pesawat tersebut.(RKZ)