Minecraft Kembali Terkenal di Youtube

Kotaku – Game sandbox yang dikembangkan oleh Mojang, Minecraft, menjadi game yang paling banyak ditonton di YouTube selama tahun 2019. Minecraft ditonton sebanyak 100,2 miliar kali sepanjang tahun ini. Popularitas game ini melonjak di YouTube berkat streamer PewDiePie yang membuat sejumlah konten tentang Minecraft.
Diawali pada Juni 2019 lalu, PewDiePie merilis konten video dengan judul Minecraft Part 1 dan telah ditonton oleh lebih dari 34 juta kali.
Setelah memulai “sekuel” Minecraft, PewDiePie secara rutin mengunggah video dengan konten Minecraft. Video tersebut menjadi booming karena sebelumnya, PewDiePie secara terang-terangan membuat lelucon terhadap Minecraft dan mengklain tidak ingin bermain Minecraft seperti YouTuber lainnya. Selain itu, usia Minecraft yang hampir satu dekade membuat para pencinta game ini ingin bernostalgia.
Alhasil YouTube pun menjadi salah satu sasaran untuk menonton kembali game yang pernah mereka mainkan ini. Ada pula sejumlah judul game yang masuk dalam jajaran video paling banyak ditonton di YouTube sepanjang 2019. Fortnite menyusul di posisi kedua dengan total views 60,9 miliar kali. Selanjutnya game besutan Rockstar, Grand Theft Auto 5 menduduki posisi ketiga dengan jumlah tonton 36,9 miliar kali. Yang mengejutkan, ada nama Garena Free Fire yang menduduki peringkat keempat dengan 29,9 miliar views.
Game Roblox yang bentuk karakternya mirip dengan Minecraft menempati urutan terakhir dengan jumlah tontonan hingga 29,7 miliar kali.
Minecraft bukanlah game yang asing. Saking populernya, hingga penghujung 2019 Minecraft telah terjual lebih dari 180 juta kopi game dari semua platform termasuk PlayStation 4, Xbox One dan Nintendo Switch dengan pemain aktif mencapai total 112 juta pemain.(RKZ)

Advertisements