Mirip FaceApp, Snapchat Keluarkan Fitur Time Machine

The Verge – Snapchat dikabarkan telah memiliki fitur baru, dimana fitur baru tersebut merupakan sebuah filter kamer. Filter tersebut diberi nama Time Machine. Lewat filter ini, pengguna bisa melihat gambaran wajah seperti apa mereka ketika anak-anak hingga dewasa dan menua. Namun berbeda dengan FaceApp, filter wajah pada SnapChat ini dianggap tidak begitu realistis. Sebab ketika pengguna memakai filter wajah tua, wajah pengguna hanya akan berubah sedikit lebih gemuk dan rambut yang memutih. Tidak ada kerutan pada kulit yang seharusnya terlihat ketika wajah mulai menua.

Time Machine merupakan filter orisinal dari Snapchat yang dibuat dan dikembangkan secara mandiri oleh perusahaan. Biasanya, Snapchat membayar pengembang luar untuk membuat filter yang bervariasi. Filter wajah tua ini menjadi pelengkap dari filter sebelumnya yang dapat mengubah wajah pengguna menjadi seperti bayi. Berdasarkan laporan, filter-filter wajah tersebut memang efektif menarik pengguna untuk kembali menggunakan Snapchat.

Pada kuartal kedua 2019 lalu dilaporkan ada sebanyak tujuh hingga sembilan juta pengguna yang bergabung dengan Snapchat untuk menggunakan filter-filter tersebut.

Advertisements

Snapchat saat ini memang semakin gencar memperkaya konten yang ada pada platform tersebut. Bahkan beberapa bulan lalu, Snapchat juga merilis beberapa aplikasi built-in baru. Deretan aplikasi baru ini adalah augmented reality (AR) baru untuk fitur lenses, konten orisinil Snapchat, game multiplayer, dan fitur untuk mengintegrasikan Snapchat Stories dengan aplikasi lain seperti Tinder.

AR Snapchat juga terintegrasi dengan toko online Amazon.com untuk mempermudah pengguna berbelanja. Mereka cukup mengambil gambar atau memindai barcode untuk melihat spesifikasi barang sebelum membelinya. Dibandingkan dengan Instagram, Snapchat memang terbilang kurang populer. Tak mau terus tertinggal dengan pesaing yang juga kerap menyontek fiturnya itu, Snapchat kini mulai berubah. (RKZ)