Naik Daun, Xiaomi Akan Salip Apple

Ilustrasi; Xiaomi. (KrASIA)

Xiaomi perusahaan ponsel cerdas asal Beijing akan diprediksi masuk pada tiga vendor ponsel terbesar di dunia. Selama ini daftar didominasi oleh Samsung, Huawei, dan Apple.

Menurut lembaga investasi China Internasional Capital Corporation (CICC), Xiaomi akan diprediksi menyalip Apple sebagai salah satu dari tiga vendor terbesar di dunia.

Salah satu yang menjadi kunci kesuksesan Xiaomi adalah pasar Eropa di kuartal II-2020. Di Eropa, pangsa pasar Xiaomi naik hingga 17 persen pada kuartal II-2020. Angka itu meningkat 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Advertisements

Pada periode tersebut, untuk pertama kalinya Xiaomi menjadi vendor smartphone terbesar ketiga di Eropa. Selain di Eropa, Xiaomi juga berhasil menduduki posisi sebagai vendor smartphone teratas di Spanyol, posisi kedua di Prancis, dan urutan keempat di Jerman.

Apabila kinerja bisnis Xiaomi tetap dalam jalurnya seperti selama ini, maka perusahaan pimpinan Lei Jun itu diprediksi akan menggeser Apple selaku produsen iPhone, dalam setahun atau dua tahun ke depan. Pada kuartal II-2020, survey Canalys menyebut Apple berada di urutan ketiga pasar ponsel global dengan pangsa pasar 15,8 persen, sedangkan Xiaomi membututi di posisi empat dengan pangsa pasar 10,1 persen.

Namun berbeda dengan pangsa pasar Xiaomi di China dan India justru merosot sejak pemerintah menerapkan sistem aturan karantina (lockdown) yang mengakibatkan beberapa gerai penjualan ponsel Xiaomi terpaksa harus ditutup.