Paket Family Spotify Sering Disalahgunakan

Dilansir – dari Quartz, sejumlah pelanggan Premium for Family di AS dilaporkan mulai menerima e-mail permintaan verifikasi lokasi dari Spotify. Di dalamnya ada tombol untuk mengirim data lokasi ke Spotify, disertai ancaman bahwa akun bakal dicabut apabila alamat pengguna tidak diverifikasi. Belum jelas seberapa sering Spotify akan inspeksi mendadak terkait alamat pengguna.

Dalam hal ini Spotify menawarkan paket Premium for Family di mana satu akun premium bisa dipakai bersama-sama oleh banyak orang dalam satu keluarga. Harga langganannya cuma Rp 79.000 untuk 6 orang, dibanding Rp 49.000 per orang untuk akun premium reguler. Syaratnya hanyalah keenam orang tadi mesti tinggal di alamat yang sama alias satu atap. Namun, karena tidak ada verifikasi alamat, banyak pengguna dilaporkan menyalahgunakannya dengan cara membagikan akun Premium for Family ke orang lain yang bukan keluarga.

Advertisements

Sebab inilah, belakangan Spotify mulai memverifikasi tempat tinggal dengan meminta data GPS untuk memastikan lokasi para pengguna Premium for Family. Hal tersebut dituangkan dalam ketentuan penggunaan Premium for Family yang telah diperbarui. (RKZ)