Profesi ini banyak dicari Seiring Perkembangan Metaverse dan Web 3.0

Logic – Metaverse dan Web 3.0 terus digadang-gadang akan semakin berkembang. Berbagai model bisnis diprediksi semakin bermunculan seiring majunya dunia digital.

Kebutuhan pekerjaan juga semakin meningkat di bidang ini. Lantas, apa saja pekerjaan yang semakin banyak diminati seiring kemajuan dunia teknologi? Berikut ulasan dari Logic.

Pembuat Perangkat Keras Metaverse 

Saat ini, diakui atau tidak, semakin banyak orang yang membutuhkan perangkat virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan bahkan sensor untuk merasakan dunia virtual dengan lebih nyata.

Dampaknya, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli perangkat keras dibidang ini. Meski terkesan bekerja dibelakang layar (tidak langsung berkecimpung didunia virtual), peran pekerjaan ini tentu sangat penting.

Pada akhirnya, para ahli dan teknologi akan mampu mengurangi harga perangkat dimasa mendatang agar dapat dijangkau oleh semua lini masyarakat.

Keamanan Siber

Profesi yang satu ini dianggap sebagai salah satu yang paling vital karena menawarkan keamanan bagi masyarakat. Keberadaan keamanan siber akan memastikan pengguna dengan  avatar mereka sendiri, aset NFT dan bahkan beberapa hal “menarik” lain yang bisa dijadikan keuntungan aman dari hacker.

Pekerjaan sebagai seorang petugas keamanan siber di metaverse akan sangat dibutuhkan untuk menutup celah para peretas untuk menyusup, bahkan mencuri akun ataupun aset NFT.

Advertisements

Tugas ini juga tidak hanya sekadar mengamankan sistem secara real-time, tetapi juga mengembangkan semacam aturan dan protokol untuk menjaga keamanan.

Penasihat Investasi Aset Digital

Aset yang sangat banyak dimetaverse tentu akan menciptakan sebuah pekerjaan yang berbau konsultasi. Penasihat investasi yang ahli untuk aset tersebut adalah pekerjaan yang diperlukan.

Saat orang-orang awam memasuki sektor ini dan ingin berinvestasi, entah itu di properti atau tanah virtual, atau NFT khusus yang disediakan platform, tentu saja mereka akan kebingungan.

Memilih mana yang berpotensi menghasilkan pengembalian menarik akan menjadi tugas para penasihat dalam memberi saran masukan mengenai aset mana yang patut mereka ambil.

Pakar Ads

Periklanan dan marketing tidak akan pernah tertinggal dijaman apapun. Bahkan, didunia masa depan, sektor ini tetap dibutuhkan untuk mengatur algoritma periklanan yang tepat. Persis seperti apa yang terjadi di Instagram dan Facebook.

Namun demikian, nantinya pakar ads akan meneliti lebih dalam terkait iklan yang akan muncul untuk para pengguna sehingga tidak mengganggu dan lebih tepat sasaran.

Alih-alih berbentuk banner disisi tampilan layaknya sosial media, di metaverse tentu iklan bisa hadir seperti di baliho, papan reklame dan sebagainya. (IFK)