Tim Bayucaraka ITS Berhasil Meraih Juara Dunia di Turki

Tim Bayucaraka ITS dengan robot terbangnya berhasil memenangkan tempat pertama dalam kompetisi 2019 Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di Istanbul, Turki

Kampus ITS – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menunjukkan prestasinya di bidang robotika internasional. Berpartisipasi dalam kompetisi 2019 Tübitak International Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition, Tim Bayucaraka ITS memenangkan tempat pertama dalam kategori Fixed Wing yang diadakan di Istanbul, Turki selama empat hari, pada Senin (16/9) lalu.

Robot terbang Tim Bayucaraka ITS saat mempersiapkan kompetisi 2019 Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di Istanbul, Turki

Mohamad Ikbal Pangestu, humas Tim Bayucaraka ITS, menjelaskan bahwa selain memenangkan tempat pertama, robot pesawat timnya juga berhasil mencapai desain terbaik. Semua tim dalam kategori Sayap Tetap diminta untuk menyelesaikan dua misi dalam lomba ini.

Ikbal mengakui, Tim Bayucaraka ITS juga berpartisipasi dalam kompetisi 2018, tetapi hanya bisa mencapai tempat kelima. “Berdasarkan banyak evaluasi dari tahun sebelumnya, untungnya tahun ini kami mampu tampil optimal dan berhasil memenangkan tempat pertama,” ujarnya.

Advertisements
Tim Bayucaraka (T-shirt Kuning) dengan robot terbang mereka saat berada di arena 2019 Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) di Istanbul, Turki

Kompetisi ini juga dihadiri oleh lebih dari 40 tim yang berasal dari 30 negara berbeda. Selain dari ITS, tim dari Indonesia juga datang dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Akuisisi Tim Bayucaraka ITS tentunya akan membawa ITS dan Indonesia ke posisi terdepan di dunia.

Tidak hanya itu, Tim Bayucaraka ITS juga akan mempersiapkan diri untuk memenangkan acara nasional dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), yang secara resmi diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Robot terbang Tim ITS Bayucaraka yang diperebutkan dalam kompetisi 2019 Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di Istanbul, Turki

“Semoga Tim Bayucaraka ITS juga bisa memenangkan tempat pertama di kompetisi nasional nanti,” pungkasnya. (RKZ)