Youtube Sediakan Halaman Khusus Informasi Mengenai Covid-19

Tech Crunch – Untuk menangkal kabar hoaks seputar Covid-19 yang beredar di dunia maya, YouTube merilis sebuah halaman khusus. Halaman tersebut, berisi serangkaian video tentang corona yang berasal dari sumber terpercaya. Menurut pihak YouTube, halaman tersebut akan memuat video dari kanal berita resmi dan organisasi kesehatan setempat.

Halaman itu akan ditempatkan pada bagian depan saat pengguna pertama kali membuka YouTube. Halaman khusus tersebut dirilis pada minggu ini di 16 negara, di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Brazil, India, Jerman, Perancis, Italia, dan Jepang.Pihak YouTube pun akan memperluas kehadiran halaman ini ke sejumlah wilayah pada pekan depan.

Advertisements

Akan tetapi tidak dijelaskan secara rinci negara mana saja yang sudah mendapatkan halaman khusus ini. Berdasarkan pantauan KompasTekno, halaman khusus video terkait corona ini belum ditemukan di Indonesia. Selain YouTube, sejumlah perusahaan teknologi saat ini juga tengah gencar memerangi kabar hoaks seputar corona. Sebelumnya, Facebook, Google, dan Twitter juga kompak untuk memerangi informasi hoaks terkait virus corona (Covid-19) yang marak beredar di internet.

Para pengelola perusahaan teknologi saling bertukar informasi antara satu sama lain, dan juga badan kesehatan dunia agar para pengguna bisa mendapat informasi akurat tentang virus corona dan Covid-19. Sejak akhir tahun 2019, YouTube melaporkan telah banyak video hoaks yang beredar pada platform-nya dan masih terus berlanjut hingga saat ini. Baca juga: AS Gunakan Data Lokasi dari Smartphone untuk Pantau Persebaran Corona .Perusahaan-perusahaan teknologi dan media sosial asal AS ini juga sepakat mengedepankan konten yang berasal dari otoritas resmi di platform masing-masing.(RKZ)