2021 Sekolah Mulai Belajar Pakai Aplikasi Berbasis Internet

Ilustrasi; Belajar via Aplikasi Internet. (House of Bots)

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mempersiapkan aplikasi bernama platform Pendidikan Nasional. Platform tersebut rencananya akan digunakan setiap jenjang pendidikan pada tahun 2021 berupa aplikasi berbasis internet untuk kegitan belajar.

Nantinya platform ini akan digunakan guru dan siswa dalam mendukung proses belajar mengajar. Penggunaan platfor ini akan dimulai perlahan di sekolah-sekolah yang sudah mumpuni.

Platform bakal bisa digunakan oleh siswa, guru, kepala sekolah, otoritas pendidikan daerah, pembuat kebijakan, dan pihak industri yang bekerja sama dengan instansi pendidikan.

Advertisements

Nantinya, guru dapat melakukan penilaian dan pelatihan siswa melalui platform ini. Siswa juga dapat menyampaikan umpan balik secara langsung.

Untuk mendukung kegitan belajar, Kemendikbud sendiri berencana membagikan paket TIK yang terdiri dari 15 laptop, satu konektor, satu wireless router dan satu proyektor untuk satu sekolah sebagai upaya mendigitalisasi sekolah.

Kemudian, platform ini akan ditingkatkan secara nasional dalam kurun lima tahun kedepan. Wacana ini jadi salah satu dari 10 inisiatif yang ingin dipercepat oleh kemendikbud.