Google Siapkan Rp155 Miliar untuk Bantu UMKM

Ilustrasi; Google For Indonesia. (Gadgetren)

Melalui gelaran Google for Indonesia yang kelima, Google secara resmi mengcurkan dana Rp. 155 miliar diperuntukan kepada UMKM di Tanah Air guna mendukung pemulihan ekonomi.

Membuka gelaran tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyambut baik niat Google untuk membantu UMKM di Indonesia guna perkembangan SDM.

Kedepannya, Jokowi mengharapkan munculnya berbagai pelatihan untuk mengasah kemampuan SDM IT yang dapat memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital Nasional hingga tahun 2035 mendatang.

“Upaya untuk memenuhi target 9 juta talenta digital nasional tersebut tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah. Tapi harus dilakukan bersama-sama, baik oleh pemerintah, perguruan tinggi, maupun swasta” ungkap Jokowi.

Advertisements

Pinjaman modal sebesar US$ 11 juta tersebut diinvestasikan Google melalui kemitraan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah.

Selain itu, hibah US$ 1 juta akan diberikan google melaui Google.org kepada Plan Internasional untuk melawan pengangguran anak muda Indonesia. Plan International akan bekerja sama dengan The ASEAN Foundation untuk meluncurkan “Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment”.

Program ini nantinya merupakan pelatihan keterampilan dan bantuan mencari pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan kerja di antara anak muda yang rentan di tengah masa pandemi.

Google sendiri sejak 2015 melalui program Grow with Google telah melatih lebih dari 1,7 juta pemilik UMKM, termasuk 200.000 selama COVID-19, dan melalui hibah Google.org.