Microsoft Tutup Komentar IG Setelah Diserang Netizen Indonesia

Akun Instagram Microsoft belum membuka kolom komentarnya setelah diserang akun netizen Indonesia. Aksi netizen Indonesia diduga buntut dari laporan riset Microsoft beberapa lalu yang menilai netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara.

Sebelumnya, Microsoft mengeluarkan laporan terbaru bertajuk 2020 Digital Civility Index (DCI). Dalam laporan tahunan tersebut antara lain mengukur tangkat kesopanan netizen atau pengguna internet. Netizen Indonesia termasuk yang diteliti dalam laporan tersebut.

Netizen Indonesia mendapat predikit paling tidak sopan se Asia Tenggara. Indonesia menempati ranking ke-29 dari 32 negara yang diteliti Microsoft sehingga posisinya terbawah di Asia Tenggara, menurun 8 poin dengan skor 76.

Advertisements

Sementara di Asia Tenggara dan juga di Asia secara umum, Singapura berada di posisi teratas dan keempat secara global. Singapura tercatat naik empat peringkat, menggantikan Malaysia yang sebelumnya ada di peringkat tersebut.

Sejak hasil penelitian tersebut rilis akun Instagram Microsoft dibanjiri komentar netizen Indonesia. Dalam komentar tersebut netizen menilai positif hingga negatif. Alhasil, Microsoft menonaktif kolom komentar untuk memutus serangan dari netizen Indonesia.