Installer Windows 11 Beredar, Disusupi Malware Berbahaya

Gambar diambil dari unsplash.com

Windows 11 diperkenalkan akhir Juni lalu oleh Microsoft dan dijadwalkan didistribusikan secara resmi akhir tahun 2021. meski belum dirilis resmi, pengguna dapat mencoba Windows 11 versi preview dengan mendaftar dalam Windows Insider Program.

Namun banyak pengguna mengunduh dan menginstal file ISO yang beredar diinternet. padahal banyak Windows 11 palsu yang disusupi malware berbahaya.

Perusahaan keamanan Kaspersky mengatakan bahwa mereka telah menemukan banyak file instalasi Windows 11 ISO yang tidak diketahui asalnya menyebar di internet.

Melalui halaman resminya, Kaspersky melaporkan, Windows 11 preview palsu yang diunduh dari sumber tak resmi turut berisi file executable (.exe) bernama “86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe” berukuran 1,75 GB.

Saat mengunduh 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe dan mengekstraknya, pengguna akan melihat ada 2 subfiles.exe yang berbeda.

Advertisements

File.exe pertama adalah penginstall sedangkan file.exe kedua adalah pengunduh dan bahkan dilengkapi dengan perjanjian lisensi yang jarang dibaca.

Jika pengguna menerima perjanjian tersebut, berbagai program jahat akan diinstal pada perangkatnya.

Sebaiknya pengguna mengunduh Windows 11 melalui sumber resmi yang terpercaya atau bergabung dengan Windows Insider Program untuk menghindari ancaman malware.