Aplikasi Pesan Signal, Alternatif Pengganti WhatsApp

Ilustrasi; Aplikasi Pesan Signal. (MLSDev)

Aplikasi pesan alternatif penggati WhatsApp menjadi populer dibahas. Hal ini, imbas dari kebijakan WhatsApp memaksa pengguna untuk menyetujui kebijakan privasi barunya.

Aplikasi pesan Signal menjadi salah satu topik populer yang dapat menjadi alternatif pengganti WhastApp.

Signal adalah aplikasi perpesanan dan obrolan suara gratis yang berfokus pada privasi. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat iOS dan Android termasuk desktop. Untuk bergabung dengan Signal, pengguna hanya perlu memasukkan nomor ponsel. Kemudian, mendapatkan kode verifikasi.

Signal didanai oleh hibah dan investor swasta, salah satunya dari pihak yang memiliki minat dalam membuat platform berorientasi privasi. Salah satunya, pendiri WhatsApp, Brian Acton, pada 2018 menyumbangkan 50 juta dolar AS untuk membuat Signal Foundation, yang sekarang menjalankan Signal. Brian Acton ikut serta dengan misi untuk membuat layanan perpesanan yang benar-benar pribadi setelah Facebook mengakuisisi WhatsApp.

Advertisements

Sama seperti aplikasi perpesanan lain, Signal juga dinilai sangat privat. Tak heran Signal menjadi sarana komunikasi pilihan bagi para aktivis, orang-orang di komunitas peretas, dan orang lain yang sangat memperhatikan privasi.

Komunikasi pada Signal diklaim dienkripsi secara end-to-end seperti digunakan oleh perusahaan lain termasuk WhatsApp dan Skype, yang berarti hanya orang-orang dalam pesan yang dapat melihat konten dari pesan-pesan tersebut, bahkan perusahaan tidak dapat melihat. Stiker pada Signal juga mendapatkan enkripsi khusus sendiri.

Kelebihan Aplikasi Signal

  • Komunikasi pada Signal dienkripsi secaraend-to-end, yang berarti hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat konten pesan.
  • Perusahaan Signal tak bisa membaca pesan pengguna karena protokol enkripsi.
  • Pengguna dapat mengatur agar pesan menghilang setelah jangka waktu tertentu, serta bisa disesuaikan secara kebutuhan.
  • Signal tidak mengumpulkan data penggunanya.
  • Satu-satunya informasi yang terkumpul adalah nomor telepon pengguna saat mendaftar.
  • Pesan dikirim dengan cepat dan andal, bahkan pada jaringan lambat. Signal dioptimalkan untuk beroperasi di lingkungan yang paling terkendala.
  • Punya fitur gambar yang lengkap. Pengguna bisa mengedit gambar untuk membuat sketsa, memotong, dan membalik foto sesuai dengan kebutuhan.