Selama 2020, Ruangguru Bagikan 12 juta Bantuan Sosial dan Pendidikan

Ilustrasi; Ruangguru. (Surya Kepri)

Perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara, yakni Ruangguru mengklaim telah membantu lebih dari 12 juta masyarakat seluru Indonesia. Upaya ini diwujudkan agara para pelaku pendidikan tetap memperolah akses belajar dan mengajar yang layak di tengah keterbatasan selama pandemi.

Inisiatif sosial yang telah dilaksanakan meliputi dukungan untuk sektor pendidikan menanggapi pandemi, pelatihan dan peningkatan kapasitas guru. Selain itu beasiswa pendampingan belajar bagi siswa, pendampingan persiapan kerja, dan pengembangan konten-konten literasi sosisal bagi guru dan siswa.

Akibat pandemi Covid-19, lebih dari 19 juta pelaku pendidikan di Indonesia diharapkan memperoleh bantuan pendidikan dari pemerintah.[1] Setidaknya Ruangguru turut berkontribusi dengan membantu lebih dari 50% pelaku pendidikan yang ditargetkan menerima bantuan pendidikan. 12 juta masyarakat Indonesia yang memanfaatkan bantuan pendidikan Ruangguru terdiri atas guru, siswa, sekolah, anak-anak tenaga medis, anak-anak yatim piatu, dan anak-anak kurang mampu di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Tahun 2021, Ruangguru berkomitmen untuk melanjutkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan Indonesia melalui berbagai program sosial guna memberikan dampak nyata berkelanjutan untuk pendidikan Indonesia.

Advertisements

“Tahun ini, masih banyak tantangan yang dihadapi dunia pendidikan dan harus kita selesaikan bersama-sama. Masih banyak pula siswa, guru, dan pelaku pendidikan yang membutuhkan uluran tangan kita. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mewujudkan kepedulian kita kepada sesama dengan memberikan bantuan pendidikan melalui platform ruangpeduli.org,” tutup Nicholas Saputra, Duta Belajar Ruangguru.

Untuk informasi, Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online-offline di 18 cabang Brain Academy di 10 kota seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam  dan Thailand.