Microsoft Akan Bangun Data Center Pertama di Indonesia

Ilustrasi; Data Center Microsoft. (Microsoft News)

Microsoft mengumumkan akan membangun data center (pusat data) di Indonesia. Inisiatif ini guna mendukung pemberdayaan ekonomi digital Indonesia. Kehadiran data center region pertama di Indonesia ini disebut mampu menghadirkan layanan cloud  terpercaya secara lokal dengan keamanan data dan privasi kelas dunia.

“Dengan data center lokal, bisnis akan memiliki akses yang lebih cepat ke layanan cloud dan kemampuan untuk menyimpan data di Indonesia,” kata Jean-Philippe Courtois selaku Executive Vice President and President, Microsoft Global Sales, Marketing and Operations dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, Microsoft juga berencana untuk membuka pelatihan untuk 3 juta masyarakat Indonesia dan memberdayakan lebih dari 24 juta masyarakat Indonesia melalui program keterampilan hingga akhir 2021.

Advertisements

“Sebagai penyedia solusi cloud terdepan kelas dunia, investasi Microsoft untuk membangun pusat data lokal, keterampilan digital, dan kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia akan mendukung inovasi lokal, pemulihan ekonomi, dan transformasi digital,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate

Microsoft sendiri belum memberi detail informasi terkait kapan dan di mana pembangunan data center pertama di Indonesia ini.Namun yang jelas, Microsoft mengatakan pusat data di Indonesia ini akan menjadi bagian dari infrastruktur cloud global Microsoft (Microsoft Azure) lainnya.

Sejauh ini, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini memiliki lebih dari 60 wilayah data center yang tersebar di beberapa negara.