Kata Kunci yang Banyak Dicari Masyarakat Indonesia Sepanjang 2020

Ilustrasi; Google. (thenewsminute)

Google merilis hasil laporan Year In search 2020 di Indonesia. Laporan ini didasarkan pada data Google Trends, eConomy 2020, dan Think With Google, yang memperlihatkan kemunculan sejumlah tren umum sejak November 2019 – Oktober 2020.

“Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu, ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand,” ujar Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, saat konferensi pers Year In Search 2020 secara virtual, Selasa (23/2/2021).

Dalam laporan tersebut, memperlihatkan salah satu aktivitas penting yang beralih ke online adalah pembelajaran. Tercatat, kata kunci “kegiatan anak di rumah” naik 330% dan “e-learning” naik 180%.”

Peneingkatan Penelusuran juga pada kata kunci “daftar usaha” sebesar 200% dan “digital marketing” yang juga naik 35%.

Advertisements

Selain itu, masyarakat juga mencari berbagai macam cara untuk lebih bisa membantu orang lain di sekitarnya dan juga lingkungan. Hal ini diikuti dengan kenaikan jumlah penelusuran kata “meyumbangkan” sebesar 150%.

Google juga menemukan masyarakat mencari cara lain untuk relaksasi. Terlihat dari naiknya penelusuran untuk “tanaman rumah” sebesar 120% dan “hewan peliharaan” juga ikut naik 95%.

Isu kesehatan juga menjadi tren yang paling sering dicari dengan penelusuran kata“kesehatan mental” naik 70% dan “self-care” naik 45%,”