Dark Mode WhatsApp Telah Hadir

WhatsApp Blog – WhatsApp mengatakan mode gelap bertujuan untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah. Ada dua hal yang menjadi fokus WhatsApp dalam merancang mode gelap di aplikasinya. Pertama adalah soal keterbacaan, di mana warna yang dipilih adalah warna yang dapat meminimalkan kelelahan mata. Warna gelap di WhatsApp juga disebut mendekati tema gelap yang ada di sistem default Android dan iOS. Kedua adalah soal hierari informasi yang akan memudahkan pengguna untuk melihat informasi yang paling mencolok, seperti adanya gelembung notifikasi bewarna hijau terang pada pesan baru.

Cara mengaktifkan mode gelap WhatsApp Pengguna iPhone bisa mengaktifkan mode gelap WhatsApp dengan menuju menu “setting”. Kemudian pilih “display & brightness”. Lalu aktifkan mode gelap dengan memilih opsi “dark: turn dark mode on”. Untuk mengembalikan ke tema terang pilih “Light: turn dark mode off”.  Sementara untuk pengguna Android, pilih menu “setting”, lalu pilih “chat”, dan lanjutkan dengan memilih “theme”. Kemudian pilih “dark: turn dark mode on” untuk mengaktifkan mode gelap. Untuk mengembalikan ke tema terang pilih “Light: turn dark mode off”. Khusus versi Android akan ada satu opsi lagi bernama “system default”. Opsi ini memungkinkan tema gelap secara otomatis mengikuti tema pada sistem yang terpasang di perangkat.

Advertisements
Cara mengaktifkannya, pilih “system default” lalu ubah pengaturan pada perangkat dengan menuju ke menu “setting”, lalu “display”, dan pilih “dark theme” pada ponsel Android. Pembaruan ini agaknya disalurkan secara bertahap sehingga mereka yang belum dapat mesti sedikit bersabar menunggu. Update WhatsApp dengan fitur Dark Mode dapat dicek di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna perangkat iOS. (RKZ)