Hacker Target Perangkat Mac Bertenaga Chip M1

Ilustrasi; Perangkat Mac. (SiloconANGLE)

Laporan penelti kemanan menemukan adanya malware pada perangkat Mac yang menggunakan prosessor Chip M1. Meskipun terbilang baru, perangkat besutan Apple tersebut menjadi target serangan Hacker.

Peneliti keamanan Patrick Wardle yang mengatakan telah menemukan aplikasi berbahaya dan ditujukan secara spesifik untuk menyasar chip M1. Temuan ini dia ungkap melalui laman blog-nya.

Mengutip informasi dari Engadget, Jumat (17/2/2021), malware itu merupakan ekstensi adware bernama GoSearch 22 yang ditujukan untuk browser Safari. Menurut peneliti, malware ini awalnya dirancang untuk prosesor Intel x86, tapi ternyata kini hadir sebagai varian adware Mac terkenal Pirrit.

Advertisements

GoSearch22 tampaknya adalah varian dari adware Mac terkenal Pirrit. Wardle mengatakan kepada Motherboard, malware tersebut tampaknya fairly vanilla. Mereka mengumpulkan data pengguna dan memunculkan layar dengan iklan terlarang.

Kehadiran GoSearh22, menurut Patrick, sekaligus menegaskan bahwa kreator malware ini memang sengaja membuatnya untuk memastikan file berbahaya tersebut kompatibel dengan M1. Sebab, Mac terbaru juga bisa menjalankan aplikasi yang ditujukan untuk chip Intel x86.

Selian itu, peneliti menemukan, meskipun pemindaian antivirus platform menandai adware versi x86 sebagai berbahay, 15 persen dari mereka tidak mencurigai M1 versi GoSearch22 adalah malware.