Ingin Menyaingi Netflix, Gojek Luncurkan Fitur Goplay

Saat – ini pengguna GoJek bisa mengunduh aplikasi GoPlay di Google PlayStore dan App Store iOS. Untuk kemudahan, platform GoPlay juga bisa ditemukan di dalam aplikasi GoJek pada menu “tiles” GoPlay.

Aplikasi video-on-demand (VoD) serupa Netflix itu diluncurkan untuk memberikan sejumlah solusi, agar film Indonesia lebih dilirik oleh para penonton Tanah Air. Selain itu, GoPlay juga hadir untuk memberikan panggung bagi para pembuat film lokal untuk berkarya.

Selain konten lokal, ada pula konten-konten original, serupa dengan Netflix Original, yang diberi nama GoPlay Originals. Konten ini, seperti namanya, merupakan konten yang bisa dinikmati secara eksklusif di platform GoPlay. Konten ini juga merupakan hasil kerja sama GoPlay dengan para sineas berbakat Tanah Air.

kategori “Cocok Buat Waktu Keluarga” berisikan pilihan film bagi keluarga. “Film Hits Indonesia” berisi film-film yang populer. “Yang Serem di Go-Pay” menyajikan film-film horor. “Buat Lagi Galau” memuat film-film tentang percintaan. Terakhir, kategori “Pilihan Kritikus” berisi film-film yang memperoleh ulasan bagus. Sebagai daya tawar, GoPlay pun menyajikan film bertitel “GoPlay Original” dan “GoPlay Exclusive,” yakni film yang dibuat sendiri atau dilisensi khusus untuk hanya dapat ditayangkan di aplikasinya, bukan yang lain.

Advertisements

Beberapa film yang masuk kategori ini ialah Filosofi Kopi The Series garapan Visinema. Lalu, ada pula Wiro Sableng, garapan Angga Dwimas Sasongko, sang Chief Operating Officer Visinema. Selain dua nama film itu, ada pula Aruna & Lidahnya serta Kulari ke Pantai.

Yang unik, Visinema merupakan rumah produksi yang didukung GDP Venture, modal ventura milik Djarum yang juga menggelontorkan uang ke Gojek. Sementara itu, Aruna & Lidahnya serta Kulari ke Pantai ialah film yang disokong Ideosource, modal ventura lokal yang didirikan oleh Sugiono Wiyono dan Andi Boediman, yang didukung Indra Widjaja dari Sinarmas Group. Tapi, perlu diingat, kedua film ini pun didanai Gojek melalui GoStudio.

Melalui kekuatan GDP dan GoStudio, GoJek nampaknya hendak mengembangkan konten-konten asli mereka. Strategi ini jelas tak salah. Dalam laporan berjudul “Asia-on-Demand: The Growth of VoD Investment in Local Entertainment Industries,” AlphaBeta, firma riset digital, menyebut bahwa di negara-negara Asia, seperti Indonesia dan India, konten lokal menjadi konten yang banyak dikonsumsi, mengalahkan konten impor, seperti dari Hollywood.

Untuk harga berlangganan, pengguna bisa membayar Rp 89.000 per bulan untuk menikmati aneka konten lokal ini. Pembayaran bisa dilakukan melalui GoPay di dalam menu tiles GoBills di dalam aplikasi GoJek maupun di aplikasi GoPlay.