iPad Pro 2020 Didukung Kamera Ultrawide

Apple – Apple memperkenalkan perangkat iPad Pro versi terbaru. iPad Pro 2020 ini hadir dengan sejumlah pembaruan dari versi sebelumnya. Secara fisik, perubahan yang paling terlihat ada pada bagian kamera belakang. Kamera milik iPad Pro 2020 ini dibungkus dalam sebuah wadah kotak mirip dengan iPhone 11. Tak hanya itu, salah satu pembaruan yang dibawa pada iPad Pro 2020 ini adalah teknologi pemindaian objek bernama ” LiDAR Scanner”. Pemindai LiDAR berfungsi untuk memindai objek 3D yang dibidik oleh kamera.

LiDAR dapat memindai ukuran maupun jarak antara objek dengan perangkat. Cara kerjanya mirip teknologi depth sensing yang sudah ada saat ini namun diklaim lebih canggih. “iPad Pro versi teranyar memperkenalkan teknologi mutakhir yang belum pernah ada di industri komputasi mobile,” ujar Senior President Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, dalam keterangan resmi di blog Apple.

Pemindai LiDAR disandingkan dengan dua buah kamera. Kedua kamera tersebut yakni kamera utama 12 MP (wide) yang mendukung perekaman video 4K, dan kamera ultrawide 10 MP. Sementara pada bagian depan, terpatri kamera selfie 7 MP. Selain pemindai LiDAR dan pembaruan kamera, iPad Pro 2020 juga hadir dengan jeroan baru. Dapur pacu iPad Pro 2020 menggunakan chipset Bionic A12Z. Berbeda dengan iPad Pro 2019 yang menggunakan Bionic A12X. Spesifikasi lainnya, mencakup kapasitas memori internal hingga 1TB, konektor USB Type-C, fitur biometrik FaceID, dukungan Wi-Fi 6, layar Retina Display dengan refresh rate 120 Hz, serta empat speaker.

Advertisements

iPad Pro 2020 hadir dalam dua pilihan ukuran layar, yakni 11 inci dan 12,9 inci, serta dua varian warna, yaitu Space Gray dan Silver. Perangkat teranyar dari Apple ini sudah bisa dipesan di situs Apple.com. iPad Pro 2020 dibanderol seharga 799 dollar AS (Rp 12 juta) untuk model 11 inci dan 999 dollar AS (Rp 15 juta) untuk varian 12,9 inci. Magic Keyboard Magic Keyboard. Lihat Foto Magic Keyboard.(Apple.com) Selain merilis iPad Pro 2020, Apple juga meluncurkan aksesori keyboard terbaru. Keyboard terbaru bernama Magic Keyboard ini mengusung model sciccors, serta bisa ditempelkan dan langsung digunakan oleh iPad Pro 2020.

Papan ketik ini juga memiliki engsel (hinge) yang bisa digunakan untuk menopang iPad hingga 130 derajat. Di masing-masing sisi hinge tersebut, terdapat sebuah port USB Type-C yang bisa digunakan untuk mengisi daya. Tersedia pula sebuah trackpad yang bisa dipakai untuk navigasi. Magic Keyboard dibanderol dengan harga 299 dollar AS (Rp 4,6 juta) untuk iPad Pro 2020 11 inci. Sementara untuk model 12,9 inci dibanderol dengan harga 349 dollar AS (Rp 5,4 juta). (RKZ)