Kolaborasi untuk Kuatkan Konektivitas Digital Negara ASEAN

Dok.Foto Humas Kemenkominfo. Foto bersama para pengurus ASEAN TELSOM .

Kominfo –Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menghadiri “The 19th ASEAN Telecommunications and Information Technology Ministers Meeting and Related Meeting” (TELMIN) di Vientiane, Laos, Selasa (22/10/2019). Dalam pertemuan itu, Dirjen Semuel mendorong kolaborasi untuk penguatan konektivitas digital antarnegara anggota ASEAN.

“Suatu kehormatan bagi saya menjadi ketua TELSOM selama 1 tahun. Kita sudah mengembangkan dan memutuskan berbagai hal baik pada pertemuan ASEAN TELSOM and ATRC meeting, mulai dari mengganti nama menjadi menjadi ASEAN Digital Senior Officials’ Meeting (ADGSOM),menerapkan sejumlah besar inisiatif dan rencana aksi ASEAN ICT Masterplan 2020, memperkuat ekosistem data, menjembatani kesenjangan digital, hingga melepaskan kura-kura di pantai Phuket,” ujar Dirjen Aptika saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan The 19th ASEAN TELMIN.

Dalam kesempatan ini, Dirjen Semuel juga menerangkan bahwa sebagai kelompok TIK harus mendukung tranformasi digital untuk sektor lain di tahun mendatang. Menurutnya, seluruh negara di ASEAN perlu menekankan pentingnya kolaborasi dan koordinasi yang kuat dengan berbagai mitra dan badan sektoral lain.

Advertisements
“Saya percaya bahwa dalam 5 tahun terakhir, kita telah membuat kemajuan yang baik untuk mendorong ASEAN menuju ekonomi yang didukung secara digital. Tidak hanya mencapai penyelarasan hukum dan peraturan, tetapi juga menguntungkan bisnis dan konsumen di ASEAN,” ujar Dirjen Semuel.

Seusai menyampaikan sambutan, Dirjen Semmy juga menyerahkan kepemimpinan kepada Ketua TELSOM selanjutnya dari Laos yaitu Mr. Phoukong Chittoublok. “Saya akan tetap bersama kalian walaupun dengan posisi yang berbeda,” tutup Dirjen Semmy.

Mengangkat tema, “Smart Connectivity for ASEAN Digital Transformation”, pertemuan tahunan itu diharapkan menjadi semangat untuk bekerja lebih cerdas dalam kolaborasi yang harmonis untuk memperkuat konektivitas digital guna meningkatkan skala ekonomi regional.

The 19th ASEAN TELMIN merupakan pertemuan antar Menteri Telekomunikasi ASEAN yang membahas aspek-aspek teknologi ­e-government negara-negara ASEAN. Pertemuan ini merupakan pertemuan yang ke -19, di mana sebelumnya pertemuan diadakan di Ubud, Bali dan Indonesia menjadi Ketua TELSOM selama 1 tahun.(RKZ)