Mengenal Kecanggihan Implementasi Teknologi QR Code

Saat – kita berbelanja di minimarket, para petugas minimarket tidak kesulitan mencari informasi dan harga produk yang kita beli karena penggunaan barcode. Barcode atau kode batang memang menjadi salah satu implementasi Teknologi yang lazim digunakan dalam dunia jual beli.

Bahkan tidak cukup dengan kecanggihan Barcode yang mudah di scan, kini kecanggihan teknologi juga menghadirkan teknologi QR Code yang jauh lebih praktis dan punya sejumlah keunggulan dibandingkan dengan Barcode.

QR Code juga sudah tersedia di sejumlah aplikasi yang memiliki fitur E-Wallet yang ada di Playstore seperti Grab dengan fitur OVO nya, contoh nya seperti di bawah ini :

Gojek dengan fitur Gopay nya :

Advertisements

Serta ada aplikasi E-Wallet terbaru dengan konsep pengganti uang tunai yakni aplikasi Dana :

Kata QR Code sendiri merupakan singkatan dari ‘’Quick Response Code’’ yang berarti kode yang bisa menyampaikan informasi secara cepat dengan perolehan respons yang cepat pula. Bila Barcode menyimpan kode informasi dengan cara baca horizontal, QR Code jauh lebih canggih karena mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Kecanggihan inilah yang membuat teknologi QR Code mampu menampung lebih banyak informasi dalam berbagai format dibandingkan dengan barcode.

QR Code bisa digunakan oleh Smartphone yang memiliki teknologi pemindai QR Code dan sedang terhubung dengan jaringan GPRS atau Wi-fi. Cara membaca QR Code sangat mudah, yaitu tinggal menghidupkan fitur pemindai QR Code kemudian mengarahkan kamera Smartphone pada QR Code yang akan diakses. Sementara untuk ponsel yang tidak memiliki fitur kamera, kita harus mengakses browser dan memasukkan 7 digit ID yang tertera pada bagian bawah QR Code. (RKZ)