Microsoft xCloud Ungguli Google Stadia di Fitur Koleksi Game

TheVerge – minggu ini Microsoft menggelar ajang tahunan X0 (X019) selama tiga hari (14 – 16 November) di London, Inggris untuk memberikan update perkembangan bisnis gaming yang ada di bawah payung Xbox. Nah, di hari pertama, Microsoft memanfaatkan panggung X019 untuk menguak sejumlah informasi terkait perkembangan layanan game streaming yang tengah digodoknya, xCloud.

Microsoft sesumbar layanan gaming yang bisa dinikmati di ponsel maupun tablet itu bakal menyapa khalayak pada tahun depan. Jumlah game yang bakal dirilis juga lebih banyak dari Google Stadia saat dirilis. “Harapan saya itu (xCloud) bakal tersedia secara umum pada 2020,” kata Head of Gaming Microsoft, Phil Spence.

Advertisements

Tak hanya itu, pihak Microsoft juga mengumumkan ada sekitar 50 game ekstra sebagai tambahan dari 5 game yang sudah bisa dimainkan oleh pengguna xCloud preview sejak Oktober lalu. Sebagai informasi, layanan serupa milik Google, yakni Stadia, hanya memiliki katalog 12 game saat dirilis. Beberapa game yang bisa dicicipi para pengguna xCloud beta ini mencakup aneka game populer seperti Madden NFL 20, Devil May Cry 5, Tekken 7, Forza Horizon 4, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, untuk saat ini xCloud versi preview sendiri hanya bisa dinikmati oleh pengguna Xbox yang berasal dari AS, Inggris, dan Korea. Rencananya, xCloud versi preview ini bakal merambah ke beberapa kawasan lain, seperti Kanada, India, Jepang, dan kawasan Eropa Timur sekitar tahun depan. Kendati begitu, lagi-lagi, tidak disebutkan pula tanggal pastinya.(RKZ)