Mirip Video Pendek Tik Tok, Instagram Akan Dilengkapi Fitur Reels

EndGadget –  Fitur yang disematkan di dalam Instagram Stories ini memungkinkan pengguna merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik, dengan beragam elemen hiburan. Adapun elemen yang bisa pengguna tambahkan mencakup latar belakang musik, tingkat kecepatan video, hingga aneka efek unik.

Setelah membekali video dengan musik dan efek, pengguna pun lantas bisa membagikannya ke pengguna lain, baik lewat Instagram Stories, Direct Message (DM), atau ke grup kerabat mereka (Close Friends).  Seperti halnya sebuah Instagram Stories, Reels bakal hilang setelah 24 jam tayang. Namun, pengguna bisa menyimpan Reels yang mereka ciptakan dengan fitur Hightlight.

Advertisements

Ketika disimpan melalui fitur tersebut, video Reels pun bakal punya kesempatan untuk mejeng di jajaran video Reels lainnya yang sedang viral. Adapun video yang tengah digandrungi pengguna Instagram bakal terkumpul di segmen “Top Reels” di tab Explore pada aplikasi Instagram.

Reels sendiri saat ini hanya tersedia bagi pengguna Instagram (Android dan iOS) di negara Brasil saja. Belum ada informasi kapan aplikasi ini bakal tersedia di negara lain. Sebelumnya, Instagram sendiri dilaporkan memang tengah menguji coba sebuah fitur mirip TikTok dengan nama “Scenes” yang bisa disebut juga “Clip”.  Meskipun demikian, belum jelas apakah Reels merupakan perwujudan dari fitur Scenes yang belakangan ini ditemukan atau justru berbeda. (RKZ)