Penemu Copy Paste, Larry Tesler Meninggal Dunia

BBC – Seorang ilmuwan komputer asal Amerika Serikat, Larry Tesler meninggal dunia. Larry Tesler adalah penemu cut, salin dan copy paste pada komputer. Ia meninggal pada usianya yang ke 74 tahun.

Kematian Larry Tesler diumumkan di Twitter pada hari Rabu (19/2) oleh perusahaan fotocopi Xerox, di mana ia menghabiskan sebagian dari karirnya di perusahaan tersebut.

“Penemu cut / copy & paste, temukan & ganti, dan lebih banyak lagi adalah mantan peneliti Xerox, Larry Tesler,” demikian tulis Xerox.

“Hari kerjamu lebih mudah berkat ide revolusionernya. Larry meninggal Senin, jadi tolong bergabung dengan kami untuk berduka,” sambungnya.

Tesler merupakan Lulusan Universitas Stanford. Ia mengkhususkan diri dalam interaksi dengan komputer. Perusahaan yang pernah menggunakan keahliannya antara lain, Amazon, Apple, Yahoo, dan Pusat Penelitian Xerox Palo Alto (PARC).

Advertisements

Sistem cut dan paste di komputer dilaporkan terinspirasi oleh pengeditan kuno yang melibatkan pemotongan bagian dari teks cetak dan menempelkannya di tempat lain dengan perekat.

“Tesler menciptakan ide ‘cut, copy, & paste’ dan menggabungkan pelatihan ilmu komputer dengan visi tandingan bahwa komputer seharusnya untuk semua orang,” tulis Computer History Museum di Silicon Valley pada hari Rabu.

Perintah itu dipopulerkan oleh Apple setelah dimasukkan dalam perangkat lunak pada komputer Lisa pada tahun 1983 dan Macintosh asli yang memulai debutnya tahun berikutnya.

Tesler bekerja untuk Apple pada 1980 setelah direkrut dari Xerox oleh co-founder Steve Jobs.

Tesler menghabiskan 17 tahun di Apple, naik menjadi kepala ilmuwan. Dia kemudian mendirikan startup pendidikan dan menjalankan tugas dalam teknologi pengalaman pengguna di Amazon dan Yahoo. (RKZ)