Google Stadia Kembangkan Sayap di Mobile Phone

Google Stadia – Sejak pertama kali meluncur pada November 2019 lalu, layanan cloud gaming bikinan Google, Stadia, hanya tersedia untuk ponsel Google Pixel. Namun kini, layanan tersebut sudah bisa dinikmati di sejumlah ponsel merek lain, yakni Samsung, Asus, dan Razer. Hal tersebut disampaikan pihak Google lewat sebuah kicauan di akun resmi Twitter miliknya di @GoogleStadia . Informasi ini juga diunggah dalam blog resmi Stadia beberapa jam lalu.

Menurut pihak Google, perangkat Samsung Galaxy S series, mulai dari Galaxy S8 hingga Galaxy S20 sudah bisa menjalankan layanan Stadia. Selain Galaxy S, pengguna ponsel Samsung Galaxy Note 8 hingga Note 10 juga bisa menikmati layanan cloud gaming tersebut. Untuk Asus dan Razer, Google hanya mengizinkan layanan Stadia berjalan di Asus ROG Phone 1, Asus ROG Phone 2, Razer Phone 1, dan Razer Phone 2.

Advertisements
Untuk dapat menikmati layanan Stadia, pengguna harus mengunduh aplikasi Stadia di PlayStore dan memiliki controller (Stadia Controller, PlayStation DualShock 4 Controller, atau Xbox One Controller) yang mendukung layanan tersebut.
Perlu dicatat, kendati bisa dijalankan di sejumlah ponsel yang sudah disebutkan di atas, layanan cloud gaming ini baru bisa dinikmati di sejumlah negara saja. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, Swedia, Denmark, Norway, Finlandia, Belgium, Ireland, dan Belanda. Belum ada informasi kapan Stadia tersedia di kawasan lain, termasuk Indonesia. (RKZ)