Peringatan! 2021 WhatsApp Tak Bisa Dipakai Pada Smartphone Lawas

Ilustrasi; Pengguna Aplikasi Pesan WhatsApp. (BOL News)

Aplikasi pesan WhatsApp tidak akan bisa digunakan dibeberapa ponsel Android dan iOS pada tahun depan. Pasalnya perusahaan tersebut akan menarik dukungan untuk versi OS yang tidak update mulai 2021.

Melansir Live Mint, WhatsApp mengumumkan hanya akan kompatibel dengan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 4.0.3 atau yang lebih baru serta iPhone yang menjalankan iOS 9 dan yang lebih baru.

Beberapa ponsel yang masih menggunakan versi Android di bawah 4.0.3 seperti HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr dan Samsung Galaxy S2 terancam tidak bisa menggunakan WhatsApp.

Untuk iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S harus iOS-nya diupdate menjadi iOS 9 untuk tetap bisa memakai WhatsApp. Adapun iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE masih mendapatkan dukungan iOS 14.

WhatsApp juga selalu meminta penggunanya untuk memperbarui perangkatnya dengan sistem operasi terbaru agar bisa menikmati pengalaman terbaik. Baru-baru ini mereka memperbarui FAQ di situs resminya tentang sistem operasi apa saja yang akan mendapat dukungan di tahun 2021.

Advertisements

WhatsApp menambahkan saat ini tidak opsi untuk mentransfer histori chat antar platform, seperti dari iOS ke Android dan sebaliknya. Tapi mereka menyediakan opsi untuk mengekspor histori chat sebagai attachment email.

Sementara itu, WhatsApp menawarkan cara untuk mengecek sistem operasi di ponsel yang kita gunakan:

  1. Cek di menu Setting.
  2. Pilih opsi About System atau About Device.
  3. Akan muncul versi Android di smartphone Anda.

Kalau perangkat Anda menggunakan versi Android lebih baru dari Android 4.0.3, artinya smartphone Anda masih bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp.

Memang setiap tahunnya WhatsApp memang selalu menghentikan dukungannya untuk ponsel dan sistem operasi lawas. Mulai awal tahun 2020, WhatsApp tidak bisa lagi digunakan di ponsel yang menjalankan Android 2.3.7 dan di bawahnya, serta iPhone dengan iOS 8 dan di bawahnya.