Ratusan Aplikasi ” Naughty” Dihapus Oleh Google

The Next Web – Google mengumumkan telah menghapus 600 aplikasi yang bersifat nakal dari Play Store. Semua aplikasi ini dihapus karena bermuatan iklan yang mengganggu. Iklan-iklan yang berasal dari aplikasi tersebut dapat muncul secara mendadak ketika ponsel digunakan.

Contohnya, ketika pengguna akan melakukan panggilan telepon, iklan akan muncul dan memenuhi layar meskipun pengguna tidak menjalankan aplikasi tersebut. Tak hanya menghapus, Google juga akan memblokir monetisasi semua aplikasi tersebut. Penghapusan 600 aplikasi nakal ini disebut baru permulaan. Itu artinya, Google masih akan menyisir aplikasi-aplikasi sejenis untuk dimusnahkan dari Play Store.

Advertisements

Menurut Google, pengembang aplikasi sejenis kini semakin lihai untuk menyembunyikan iklan nakal di dalam aplikasi. Google pun mencari cara yang lebih canggih, salah satunya dengan menggunakan machine learning dan teknologi baru untuk membasmi aplikasi tersebut.

Google merancang inovasi machine learning dengan pendekatan untuk mendeteksi aplikasi ketika memunculkan iklan yang tidak dikehendaki dan kemudian melakukan penghapusan. Google juga akan berinvestasi untuk pengembangan teknologi ini. Pihak Google juga mengatakan akan mencari cara untuk beradaptasi dan mengembangkan kebijakan platform serta menjaga ekosistem Android. Dibandingkan dengan iOS, Android memang dikenal lebih rentan disusupi aplikasi berbahaya. (RKZ)