Semakin Maju, China Sudah Bangun 700 ribu BTS 5G

Ilustrasi; Layanan Jaringan 5G. (Money Inc)

Disaat sebagian negara minim dengan layanan telekomunikasi 5G, China dikabarkan membangun lebih dari 700 ribu menara BTS yang menawarkan layanan 5G secara komersial. China terus mengembangkan layanan nirkabel dan internet generasi kelima dan hampir rampung ditahun ini.

Dilansir dari laman Gizmochina, Senin, 16 November, China mengklaim 96 persen infrastruktur dari layanan nirkabel dan internet generasi kelima itu sudah hampir rampung. Artinya sepanjang tahun 2020, China terus membangun menara BTS yang mendukung layanan 5G.

Liu Liehong selaku Wakil Menteri di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi di China mengatakan bahwa jumlahnya lebih dari dua kali lipat jumlah BTS 5G yang dipasang tahun ini di seluruh dunia. Namun, dia tidak mengungkapkan dari mana sumber informasi tersebut.

Advertisements

Bulan lalu, MIIT atau Kementerian Industri dan Informasi China juga telah mengungkapkan bahwa lebih dari 690.000 BTS 5G beroperasi di China, dan lebih dari 160 juta perangkat sudah terhubung. Jumlah itu akan terus bertambah seiring dengan terhubungnya jutaan perangkat dengan layanan 5G.

Seperti diketahui China ingin menjadi pemimpin dalam hal teknologi mutakhir seperti 5G, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan banyak lagi. Maka perusahaan China seperti Huawei dan ZTE getol mengembangkannya walau mendapat banyak tantangan.

Teknologi tersebut dianggap sebagai faktor kunci bagi ekonomi modern dan China bersaing dengan negara lain seperti Amerika Serikat untuk mendominasi pasar masa depan.