Sering Ikut Meeting Online Dan Webinar, Namun Apa Beda Keduanya?

Ilustrasi; Meeting Online. (AccountingWEB)

Selama masa pandemi penggunaan platform video konferensi menjadi meningkat. Dengan video konferensi, memberi para pendidik dan bisnis peluang untuk belajar, berbagi, dan berinteraksi lintas jarak.

Uniknya, meskipun pengguna video konferensi begitu tinggi, ternyata masih banyak yang menggap bahwa meeting online dan webinar adalah hal yang sama. Benar memang, antara keduanya memiliki kesamaan yaitu memungkinkan semua orang untuk berinteraksi dengan audiens yang tersebar diseluruh dunia, tetapi keduanya memiliki perbedaan tujuan.

Selanjutnya, berikut adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara online meeting dengan webinar:

Online Meeting 

Online meeting adalah untuk melakukan diskusi dan kolaborasi melalui web menggunakan audio, video, dan berbagi layar. Acara ini diselenggarakan oleh host, dan dihadiri oleh peserta yang diundang oleh host.

Advertisements

Setiap orang dalam rapat dapat mendengarkan dan berbicara satu sama lain dan dapat melakukan interupsi suara/gambar. Posisi penyelenggara sangat penting untuk mengatur lalu lintas suara dan gambar yang akan muncul.

Webinar

Webinar atau seminar web adalah sesi informatif yang disiarkan melalui web untuk mengedukasi individu yang tertarik untuk mempelajari subjek tertentu. Penyelenggara webinar membuat webinar dan mempromosikannya di antara audiens target mereka melalui email, media sosial, situs web, dan blog. Orang-orang yang tertarik dapat mendaftar untuk webinar dan menghadirinya pada waktu yang dijadwalkan.

Selama webinar, penyelenggara menyampaikan presentasi kepada audiens. Peserta tetap dalam mode hanya mendengarkan. Mereka dapat mengetik dan mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara menggunakan opsi Tanya Jawab di jendela webinar. Sementara peserta meeting online dapat aktif berkomunikasi satu sama lain, peserta webinar tidak berkomunikasi di antara mereka sama sekali.

Sekian penjelasan singkat perbedaan meeting online dan webinar. Dengan memahami perbedaan keduanya pengguna video konferensi dapat melakukan kegiatan tele konferensi lebih terarah dan penggunaannya untuk tujuan yang tepat sehingga dapat lebih produktif saat melakukan kegiatan dari dari rumah apakah itu untuk belajar atau bekerja