Source Code Windows XP Bocor DI Internet

Ilustrasi; Windows XP. (TechRadar)

Baru-baru ini tersiar kabar source code sistem operasi Microsoft bocor di internet, yaitu Windows XP dan Windows Server. Sebelumnya, Microsoft juga pernah mengalami hal yang serupa ketika source code Windoows 10 berukuran 1 GB bocor di Internet beberapa tahun yang lalu.

Seseorang yang disebut pengguna 4Chan telah mengunggah ke internet, keduanya bocor lewat jaringan torrent, tepatnya di berbagai situs file sharing.

Dikutip dari BleepingComputer, pengunggah mengatakan bahwa butuh waktu setidaknya 2 bulan dalam melakukan proses compiling source code Windows XP. Total 43 GB file torrent yang berisikan koleksi source code yang diposting pada website forum 4chan.

Advertisements

Microsoft tengan melakukan investigasi masalah ini. Insiden ini bakal berdapak besar pada keamanan pengguna, baik personal maupun perusahaan yang masih menggunakan Windows XP.

Meskipun Windows XP sudah berumur hampir 20 tahun dan sudah dihentikan dukungannya 6 tahun yang lalu, jika terdapat kode yang masih digunakan untuk versi Windows yang lebih modern seperti Windows 10, maka hal ini bisa menjadi ancaman.