Belanja Aman, Tips Hindari Penipuan Modus Pencurian Kode OTP

Ilustrasi; Kode OTP. (Romcard)

Meningkatnya penggunaan aplikasi e-commerce dan aktivitas jual beli online harus dibarengi dengan pemahaman transaksi online yang benar dan aman. Sebab, kejahatan didunia online selalu mengincar korban yang lengah saat menggunakan internet.

Hal yang terpenting dan rahasia dalam transaksi online adalah kode OTP (one time password).  Kode OTP adalah kunci konfirmasi yang digunakan untuk mengonfimasi semua transaksi yang dilakukan secara digital. Dengan kata lain, jika pelaku mendapatkan kode OTP, sama halnya mendapatkan kunci akses rahasia untuk mencuri uang korban secara digital.

Sehingga tak heran, kode ini menjadi incaran peretas. Banyak cara yang dapat dilakukan para peretas untuk mendapatkan kode pengguna. Biasanya modus yang digunakan dengan teknik phising baik langsung maupun tidak. Seperti misalnya langsung menelpon pengguna dengan mengelabui psikologi korbannya untuk mendapat kode ini. Selain itu, biasanya juga dengan menebar link tertentu via email dan SMS.

Agar terhindar dan mencegah kejahatan saat bertransaksi online, berikut tips yang kami rangkum dari berbagai sumber:

  1. Rahasiakan Kode OTP

Mengingat pentingnya kode OTP dalam transaksi online, hal pertama adalah merasiakan kode ini dan tidak membagikan ke orang lain. Pengguna jangan mudah percaya dengan siapapun yang mengataskan lembaga penyedia layanan atau lembaga lainya.

Advertisements

Selalu memeriksa apabila saat menerima kiriman pesan via email atau sms yang mencurigakan, apalagi pesan mengarahkan untuk membagikan kode OTP.

  1. Tidak Mendownload Aplikasi Sembarang

Hindari mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau toko aplikasi tidak resmi. Hal ini dikarenakan banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari aplikasi yang tidak resmi. Mulai dari iklan yang tidak jelas, aplikasi aneh lainya muncul, penyebaran virus hingga yang paling parah adalah pencurian data pribadi.

  1. Bijak Bermedia Sosial

Selain kritis pengguna smartphone juga harus bijak dan berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi pada media sosial. Termasuk didalamnya adalah membagikan nomor telepon yang digunakan untuk transaksi keuangan dimedia sosial

Demikian tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari pencurian kode OTP dalam penggunaan aplikasi e-commerce.