Spesifikasi X box Series X Dibocorkan Microsoft

The Verge – Microsoft secara terang-terangan membeberkan spesifikasi dari Xbox Series X. Memiliki desain berbentuk kotak persegi panjang yang menyerupai CPU PC, konsol ini hadir dengan dimensi fisik kurang lebih 30 x 15 cm. Sedangkan dari segi spesifikasinya, Xbox Series X akan memiliki prosesor AMD Zen 2 delapan core berkecepatan 3,6 GHz yang didukung dengan teknologi 7 nanometer.

Untuk segi memori, Microsoft akan mengusung RAM sebesar 16 GB dan storage seluas 1 TB yang dapat diperluas dengan kartu eksternal mencapai 1 TB. RAM berkapasitas 16 GB yang disematkan Microsoft ternyata memiliki tugas masing-masing dimana 10 GB bekerja sebagai kartu grafis, lalu 3,5 GB sebagai memori standar dan sisanya berfungsi untuk menjalankan sistem operasi.

Untuk dapat memberikan pengalaman gaming yang nyata, konsol ini telah mendukung tampilan 4K dengan kecepatan frame rate 60 fps dan tampilan berkualitas 8K dengan frame rate di angka 120 fps. Aneka fitur baru juga dihadirkan oleh komponen-komponen anyar Xbox Series X termasuk dukungan “Xbox Velocity Architecture” yang diklaim mampu menciptakan kualitas gambar yang tinggi serta dukungan “Ray Tracing” untuk memberikan efek pencahayaan yang lebih realistis.

Advertisements

Microsoft juga menggadang-gadang Xbox Series X akan memiliki peningkatan pesat pada waktu loading yang kini dapat memuat game dengan waktu yang lebih singkat. Pihaknya bahkan menunjukkan kemampuan tersebut melalui sebuah video trailer yang diunggah di YouTube. Pada video tersebut terlihat bahwa Xbox Series X dapat memuat game State of Decay 2 40 detik lebih cepat dibanding Xbox One X.

Microsoft juga menyematkan SSD baru dengan teknologi “quick resume” yang memungkinkan pengguna untuk membuka game lain secara instan tanpa harus menutup game yang sedang dimainkan. Nantinya pengguna Xbox Series X bahkan bisa menjalankan lima game sekaligus diwaktu yang bersamaan. Bekerja sama dengan forum HDMI dan sejumlah produsen TV, nantinya Microsoft bakal mengusung teknologi Auto Low Latency Mode dan Variable Refresh Rate HDMI 2.1, menjadikan Xbox Series X sebagai konsol yang lebih responsif.

Selain memiliki peningkatan dari sisi dapur pacu, Microsoft juga membekali konsol ini dengan kontroler terbaru yang hadir dengan USB Type-C, baterai AAA dan telah mendukung Bluetooth Low Energy. Pengguna juga lebih dipermudah dengan hadirnya tombol “share” guna menangkap screnshot dan video serta membagikannya dengan teman. Meski belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran Xbox Series X, Microsoft hanya menuliskan Holiday 2020 atau yang bertepatan pada momen akhir tahun 2020.(RKZ)