Tips Agar Mata Tetap Sehat Selama Aktivitas Daring

Ilustrasi; Keluhan Pada Mata. (All About Vision)

Sejak diberlakukan nya kebijakan pembatasan berskala sosial, pola kegiatan banyak beralih kemedia online/daring. Kondisi ini disebakan oleh pandemi Covid-19 yang memaksa mengubah pola kegiatan.

Namun, menatap layar perangkat elektronik selama beraktivitas dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan berbagai macam keluhan pada mata. Mulai mata lelah, mata kering hingga mata galal.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga mata kamu tetap sehat selama menggunakan perangkatn elektronik:

Pencahayaan

Salah satu yang menyebabkan mata kamu menjadi lelah adalah pencahayaan. Pencahayaan terlalu terang/tinggi mengahasilkan silau yang menambah ketegangan pada mata. Oleh karena itu, mengatur pencahayaan sesuai dengan pencahayaan rungaan ada menjadi penting.  Selain itu. Kamu dapat menggukan kacamatan anti silau sebagai solusi.

Jaga Jarak Layar

Advertisements

Saat menatap layar terlalu dekat membuat mata menajdi tegang untuk tetap fokus. Agar tetap aman, kamu bisa menjaga jarang kisaran 20-28 inci dari mata.

Terapkan Aturan 20-20-20

Mata Anda juga perlu beristirahat. Dr. Saad merekomendasikan aturan 20/20/20: “Setelah melihat layar selama 20 menit, istirahat 20 detik dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki.”

Lebih Sering Berkedip

Prilaku positif yang dapat dilakukan untuk menyegarkan mata didepan layar dengan cara sering berkedip. Hal ini dapat menghindar mata kamu kering akibat terlalu lama berhadapan dengan layar perangkat elektronik. Dengan berkedip menghasilkan air mata yang dapat melembabkan mata.

Sekian tips yang dapat dilakukan saat beraktivitas dengan komputer atau perangkat elektronik lainnya