Tips Jitu Menjadi Programmer Handal

Ilustrasi; Programmer (Iscorp.biz)

Dengan kecanggihan teknologi dan dunia digital yang semakin berkembang di Indonesia saat ini, maka akan semakin banyak dibutuhkan sumber daya manusia dan tenaga ahli yang handal. Bersamaan dengan itu fenomena banyak perusahan yang bergerak dibidang teknologi tumbuh begitu pesat. Di Indonesia, hampir setiap hari ada informasi lowongan pekerjaan yang membutuhkan programmer.

Dengan begitu peluang untuk berkarir dibidang Teknologi khususnya Programmer terbuka lebar dan diminati. Lantas, bagaimana mempersiapkan diri agar dapat memulai menjadi seorang programmer?

1. Niat dan Bulatkan Tekad Ingin Menjadi Programmer

Jika ingin memulai sesuatu hal, niat dan tekad yang bulat adalah paling pertama. Tanyakan lagi ke diri kita apakah  akan serius ingin menggeluti dunia programming atau hanya mengikuti tren saja. Apalagi akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang menawarkan gaji yang menggiurkan untuk programmer. Sehingga banyak orang ingin beralih profesi menjadi programmer.

Namun ketika sudah mulai belajar untuk menekuni dunia programming ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sekali lagi coba tanyakan kepada diri kita apakah serius ingin menjadi programmer dan sudah siapkah menerima segala resiko yang akan dialami ketika menjadi programmer nanti.

2. Belajar Tanpa Henti

Teknologi pemrograman berkembang yang begitu cepatnya. Oleh karena itu wajib bagi seorang programmer untuk terus memperbarui pengetahuannya baik lewat membaca buku, mendengar podcast, menonton tutorial, atau menghadiri event dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Advertisements

Perkembangn Teknologi begitu cepat berubah. Jangan pernah puas dengan kemampuan programming yang kita miliki sekarang. Dunia programming atau IT sangat dinamis. Selalu update informasi seputar programming. Selalu pelajari hal-hal baru yang belum kita ketahui di dunia programming.

3. Kuasai dasar-dasar pemrograman

Terdengar sederhana, namun dasar-dasar pemrograman memang wajib untuk dikuasai. Konsep variabel, percabangan, perulangan, fungsi, kelas, pewarisan, dan konsep-konsep dasar lainnya tidak lah berbeda dari tiap bahasa pemrograman. Hal yang membedakan hanya teknik penulisan sintaksnya. Apabila dasar-dasarnya telah dikuasai, kita tidak akan kesulitan apabila harus mempelajari suatu Bahasa Pemrorgraman baru saat dibutuhkan.

4. Pilih Salah Satu Bahasa Pemrograman yang diminati

Istilah-istilah programming biasanya akan mudah dipahami saat kita sudah mulai belajar menulis kode-kode dasar program. Sebelum mulai menulis kode-kode program kita harus memilih dulu bahasa pemrograman apa yang akan digunakan.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman saat ini. Dari sekian banyak bahasa pemrograman pilih satu saja. Jika satu bahasa pemrograman sudah dikuasai baru pelajari bahasa yang lainnya.  Pemilihan bahasa pemrograman ini bisa disesuaikan dengan fokus yang ingin kamu ambil.