Wajib Tahu! Etika Jualan Online

Ilustrasi; Jualan Online. (wpbeginner.com)
Saat anda baru memulai atau sedang manjalani usaha online. Ada banyak karakter orang atau calon konsemun yang anda temui. Selain berjualan, pelayanan adalah hal yang penting diperhatikan ketika anda menjalankan suatu usaha. Dalam hal pelayanan etika merupakan penilaian utama ketika anda sedang melakukan transaksi dengan calon pembeli. Berbeda saat anda berjualan offline, anda langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Dengan begitu anda setidaknya memiliki gambaran harus melakukan apa untuk calon pembeli. Tetapi berbeda saat anda membangun usaha secara Online. anda tidak bertemu langsung dengan calon konsumen yang akan membeli produk yang anda jual.

Telah banyak kegagalan transaksi online terjadi karena pembeli tidak percaya kepada penjual. Salah satu penyebabnya karena penjual tidak menjaga etika saat mejalankan usahanya. Oleh karena itu, ada beberapa etika yang penting dijalankan untuk menumbuhkan kepercayaan pembeli.

Jika anda yang berniat memulai berjualan online atau sedang menjalankan usaha online, anda harus selalu memperhatikan etika saat berintraksi dengan calon pembeli produk anda. Simak ulasan etika berjualan online berikut ini!

1. Bersikap Ramah Kepada Pembeli
Hal yang pertama dilakukan calon pembeli terhadap produk kita adalah bertanya terkait produk yang diminati. Banyak maksud dari pertanyan calon pembeli bisa jadi karena ingin tahu harga, stok produk tersedia atau tidak, detail produk, dan lain-lain. Hal itu wajar, karena pembeli ingin memastikan produk yang ingin ia beli. Menghadapi hal seperti itu sebagai penjual yang baik anda harus tetap bersikap ramah agar pembeli merasa dihargai dan dilayani dengan baik.  Ketika anda mempertahan sikap ramah kepada pembeli saat itulah kesan pertama pembeli terhadap lapak dagangan anda. Dilain waktu dapat membuat pembeli kelapak dagangan anda untuk mebeli produk lainnya.

Advertisements

2. Menyapa pembeli dengan Sopan
Saat berjualan online anda tidak mengetahui secara detail calon pembeli. Memberi sapaan yang sopan saat memulai komunikasi dengan pembeli membuat mereka merasa dihargai. Tentu itu, menjadi nilai tambah tersendiri bagi usaha anda.

3. Menjaga kerahasian Data Pembeli
Dalam proses jual beli online, konsumen otomatis memberikan informasi dan data untuk proses selanjutnya. Menjaga kerahasian informasi dan data pembeli menjadikan meraka merasa nyaman dan aman saat bertransaksi dengan anda. Apalagi terkait informasi yang sifatnya privasi seperti alamat rumah atau nomor telepon. Bahkan lebih dari itu ada tidak punya hak untuk menggunakan informasi dan data pembeli salain untuk kegunaan transaksi jual beli antara anda dan pembeli.

4. Jujur memberikan informasi produk
Dalam hal apapun kejujuran merupakan hal yang paling penting, termasuk saat anda menjalankan usaha online. menjelaskan secara detail terkait produk yang anda jual tidak cukup, dibutuhkan juga kejujuran saat memberi deskripsi produk anda. Dengan kejujuran anda sudah membangun kepecayaan dalan menjalankan usaha anda.

5. Packing Rapi
Selain memastikan produk sampai ditangan pembeli hal yang peting lainnya adalah packing produk yang rapi. Hal ini memberi kesan terakhir yang baik bahwa anda dalam menjalankan usaha mengutamakan pelayanan.

Itulah beberapa etika yang anda harus lakukan saat memulai atau sedang menjalankan jualan online. ingat etika adalah hal penting untuk keberlanjutan jualan online anda.