Waspadai Locky Ransomware, Malicious berbentuk gambar melalui Facebook Messenger

Jika kamu menerima sebuah pesan bergambar dari seseorang bahkan dari teman kontak melalui facebook messenger, linkedin maupun social media lainnya, sebaiknya jangan langsung di click atau dibuka. pastikan gambar yang dikirimkan benar-benar aman dari infeksi virus.

Seperti yang kami kutip dari The Hacker News, bahwa dalam beberapa minggu ini terdapat beberapa laporan atas serangan cyber crime melalui facebook messenger untuk menyebarkan virus Locky Ransomware dengan media gambar berformat .svg. meskipun dari pihak facebook membantah tentang adanya isu ini.

Ransomware sendiri merupakan jenis virus yang bekerja dengan cara mengenkripsi setiap file yang terinfeksi, locky ransomware sendiri mengenkripsi file dengan algoritma RSA-2048 dan AES-1024 dimana file yang dapat terinfeksi beragam seperti document (word, excel, pdf, powerpoint), gambar (jpg, bitmap), serta file arsip (rar, zip) dimana untuk mengembalikan data dari infeksi harus dengan membayar uang tebusan yang tidak sedikit.

Dimana biasanya pelaku meminta bayaran menggunakan mata uang digital seperti bitcoins dan harus dilakukan pembayaran dalam waktu yang telah ditentukan.

Advertisements

Untuk menjaga computer anda tetap aman, sebaiknya tidak membuka file yang tidak diinginkan yang anda terima melalui media internet, Seperti email dan social media. Terutama file gambar dengan format yang tidak biasa seperti SVG, JS dan HTA.

Pastikan anda telah memasang antivirus dan anti malware terupdate pada komputer anda untuk menghindari adanya serangan virus yang tidak diinginkan.

Sumber : http://thehackernews.com/2016/11/facebook-locky-ransomware.html