4 Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Laptopmu Awet

Ilustrasi; Laptop. (Popist)

Sama halnya seperi perangkat elektronik pada umumnya, laptop pun ada batas usinya. Namun, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan usia laptop kamu menjadi pendek atau tidak berfungsi secara maksimal. Biasanya disebabkan hal-hal yang tidak kamu sadari saat berkegiatan menggunakan laptopmu sehari-hari.

Nah, walaupun umur laptop terbatas, sebaiknya perlu diketahu beberapa yang harus kamu hindari saat menggunakan laptop saat beraktivitas sehari-hari. Hal ini dilakukan agar laptop dapat berfungsi secara optimal dan memperpanjang usia laptop.

  1. Membawa laptop tanpa tas khusus

Saat berpergian membawa laptop terkadang sebagian orang tidak memperhatikan tas yang digunakan. Tanpa menggunakan tas khusus, laptop bawaan kamu rentan terhadap benturan, guncangan, bantiangan baik disengaja atau tidak.

Oleh karana itu, tas laptop adalah hal penting yang disepelehkan sebagian orang. Menggunakan tas laptop yang benar dapat memperpanjang usia laptopmu dan mencegah dari kerusakan.

  1. Makan dan minum di depan laptop

Tak jarang dijumpai kerusak laptop diakibatkan oleh tumpahan cairan atau makanan.  Perilaku makan dan minum didepan laptop adalah hal yang harus dihindari. Mulai saat ini hindari perilaku ini.

Advertisements
  1. Menaruh benda di atas laptop

Biasanya tanpa kita sadari menaruh benda diatas laptop, seperti menumpuk buku atau benda-benda lain yang cukup berat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada layar LCD atau engsel laptop. Selain itu, hal ini dapat menggores bodi dari laptop. Sama hal juga menaruh benda diatas keyboard laptop.

Mulai dari saat ini hindari menaru benda-benda diatas laptop apalagi benda cukup berat.

  1. Menggunakan mode sleep terlalu lama

Nah, untuk kamu yang sering menggunkan mode sleep terlalu lama. Walaupun hal ini sah-sah saja. Tetapi menggunakan berjam-jam lama dapat merusak daya tahan baterai. Selain itu hal ini juga dapat merusak motherboard.

Demikian hal-hal yang harus kamu ketika memiliki laptop agar perangkat tersebut awet dan berfungsi maksimal.