Google Siapkan 1 Miliar Dollar Untuk Konten Berita

Ilustrasi; Google News Showcase. (searchenginejournal.com)

Google akan merilis Google News Showcase yang akan memberi pengalaman baru bagi pembaca berita. Google bersedia membayar USD 1 miliar (Rp. 14,8 triliun) kepada media didunia atas berita-berita selama tiga tahun ke depan.

Dilansir Reuters, Jumat (2/10/2020), CEO Google, Sundar Pichai, mengatakan Google News Showcase akan dirilis pertama kali di Jerman dan Brasil.

Selain kedua negara tadi, produk baru Google juga akan hadir di Belgia, Belanda, dan India. Sekitar 200 media asal Argentina, Australia, Inggris Raya, Jerman, dan Kanada mendaftar produk ini.

Advertisements

Perusahaan media akan bisa memilih dan mempresentasikan konten mereka sendiri. Produk Google ini akan dirilis di Google News pada perangkat Android, dan kemudian pada perangkat Apple.

Disisi lain, Google tengah menghadapi protes perusahaan-perusahaan media atas penggunaan konten berita mereka, dan meminta konpensasi.

Google juga dilaporkan sedang bernegosiasi dengan perusahan media Prancis, yang merupakan pengkritik paling vokal. Sementara Australia mendesak Google dan Facebook berbagi pendapatan iklan dengan kelompok media lokal.