Awal Oktober 2020, Google Meet Versi Gratis Dibatas 1 Jam Dalam Sehari

Ilustrasi; Meeting Online via Google Meet. (MobileSyrup)

Pengguna layanan Google Meet harus membatasi waktu meeting online pasalnya layanan video konferensi akan dibatasi 1 jam perhari di awal bulan Oktober 2020. Sejak Maret Google mengratiskan layanan premium Google Meet secara cuma-cuma hingga 24 jam dalam sehari.

Dari situs resmi Google Meet, mulai 1 Oktober mendatang rapat online gratis di platform ini dibatasi menjadi 1 jam per hari. Sedangkan jumlah peserta rapat maksimum yaitu 100 orang.

Untuk penggunaan video konferensi yang lebih panjang atau melewati 1 jam, Google memasang tarif 8 dollar AS (Rp118 ribu) perbulan. Sebelumnya pengguna harus mendaftar terlebih dahulu dilayanan G Suite Essential atau G Suite Enterprise.

Pengguna yang mendaftar G Suite Essential akan mendapatkan kouta durasi rapat online Google Meet hingga 300 jam, dengan peserta rapat maksimal 150 orang. Selain itu, pengguna layanan dapat mengakses fitur Google lainya seperti Drive, Document, Sparedsheet dan Slide untuk bisnis.

Advertisements

G Suite Essential juga memberi kesempatan kepada pengguna untuk bisa mencoba layanan ini secara gratis lewat versi uji coba. Untuk berlanggan atau mendaftar G Suite Essential bisa mengunjungi tautan https://gsuite.google.com/

Wakil Presiden Google Suite, Javier Soltero, mengatakan jika Google Meet memiliki perlindungan keamanan yang kuat. Salah satunya menyediakan kontrol untuk penyelenggara rapat untuk menerima atau menolak seseorang masuk.

“Selain itu juga host bisa membuat mode diam dan menghapus partisipan rapat jika diperlukan. Google Meet tidak digunakan untuk bagian iklan dan menegaskan tidak menjual data pada pihak ketiga,” tegas dia.