Bocoran Tampilan Antarmuka Android 12 Beredar di Internet

Ilustrasi; Android 12. (Aroged)

Bocoran tampilan antarmuka Android 12 menyebar di internet. Diduga informasi tersebut berasal dari draf awal yang disiapkan oleh Google untuk merangkul perubahan ke Android 12 nanti.

Bocoran ini datang dari XDA Developers yang mengaku mendapatkannya dari ‘draft awal’ dokumen yang didistribusikan oleh Google ke mitra Android.

XDA Developers mengaku belum memastikan keaslian screenshot ini tapi mereka telah melihat bahwa dokumen yang dimaksud benar adanya.

Salah satu tampilan antarmuka baru, yaitu widget. Apple diketahui menambahkannya di dalam pembaruan iOS lalu, dan juga serta kemungkinan Google serta melakukan perubahan.

Dikatakan widget Conversations mungkin menyoroti pesan terbaru, missed call atau status aktivitas. Ukuran widget tak terlalu besar dan juga serta kemungkinan cuma akan menampilkan masing-masing satu pada pesan, panggilan serta status di dalam satu waktu bersamaan.

Advertisements

Selain itu, antarmuka Android 12 juga didominasi dengan panel-panel yang menggunakan sudut membulat. Jumlah Quick Settings yang bisa diakses lewat panel notifikasi juga dikurangi, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (11/1/2021).

XDA Developers juga melaporkan bahwa Google akan merombak pengaturan privasi di Android 12 yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan kamera dan mikrofon dengan mengklik toggle yang ada.

Screenshot lainnya juga memperlihatkan widget percakapan baru di Android 12 yang menampilkan pesan dan panggilan terbaru. XDA Developers mengklaim widget ini akan menjadi fitur wajib untuk semua perangkat Android 12.

kabarnya, Google akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini sehingga tampilan dan fitur-fitur baru dari sistem operasi itu bakal diketahui dengan lebih jelas dalam waktu dekat.