Dicari 3.000 Mahasiswa, Ikuti Program Bangkit 2021 dari Google

Ilustrasi; Kantor Google. (Forbes)

Google meluncurkan program pengembangan karir bertajuk Bangkit 2021. Program ini merupakan kolaborasi sejumlah pihak terlibat, yakni Dirjen Dikti Kemendikbud, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka.

Program Bangkit adalah singkatan dari Bangun Kualitas Manusia Indonesia yaitu program pembinaan talenta digital terampil. Program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) ini sejalan dengan program Presiden tentang penyiapan sembilan juta talenta digital terampil pada 2030.

“Bahkan sebelum memulai Bangkit yang pertama pada tahun 2020, kami ditantang Menteri Nadiem Makarim untuk memperbesar cakupan program ini dan membuatnya lebih inklusif,” tutur Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia dalam keterangan tertulis.

Tahun ini Bangkit menambah kuota peserta hingga 3.000 mahasiswa secara nasional. Program ini ditawarkan melalui inisiatif Kampus Merdeka dari Kemendikbud.

Program Bangkit ini juga lanjutan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemendikbud yang menarik antusiasme yang tingg melalui program pelatihan Machine Learning pertama di Indonesia .

Advertisements

Program Google Bangkit 2021 dengan kurikulum yang jauh lebih ambisius serta lebih terfokus, terpadu, dan menantang bagi 3.000 peserta. Kuota peserta ini sepuluh kali lipat lebih banyak daripada sebelumnya.

Selain Machine Learning, Google Bangkit 2021 menawarkan dua rangkaian kursus lain agar mahasiswa dapat lebih siap untuk memulai karier di bidang teknologi, yaitu pemrograman dengan pengembangan Android dan komputasi awan dengan fokus pada Google Cloud Platform.

Bangkit 2021 berkolaborasi dengan 15 mitra perguruan tinggi dan mahasiswa yang terpilih memulai program pembelajaran mulai Februari 2021. Para mahasiswa terpilih akan mengikuti pembelajaran online selama 18 minggu.

Kemudian di akhir semester, akan dipilih 15 tim proyek akhir untuk pengembangan lebih lanjut termasuk hibah inkubasi dan dukungan dari perguruan tinggi yang menjadi mitra program ini.

Informasi lainnya tentang program ini dapat diakses melalui laman https://grow.google/intl/id_id/bangkit/. Kelas online akan dimulai pada bulan Februari 2021. Dikutip dari Instagram @kemdikbud.ri cara pendaftarannya adalah melalui tautan ini.