Covid-19 Buat Google Classroom Populer

Androidpolice – Sejak sebagian sekolah dan universitas menerapkan kebijakan belajar dari rumah, untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Alih-alih menghentikan kegiatan belajar mengajar, banyak institusi pendidikan yang membuka kelas online dengan memanfaatkan sejumlah layanan, seperti Google Classroom, Zoom, dan lain sebagainya.

Aplikasi Google Classroom (Google Kelas) yang sebelum Maret 2020 tidak masuk daftar aplikasi terpopuler, kini berada di puncak daftar aplikasi PlayStore gratis teratas, termasuk di wilayah Indonesia, berdampingan dengan AhatsApp, Zoom, Tiktok, hingga Facebook.

Advertisements

Lewat Smartphone Google Classroom menjadi Aplikasi Paling Terpopuler Lihat Foto Google Classroom menjadi Aplikasi Paling Terpopuler () Hingga berita ini ditayangkan, Google Classroom telah diunduh hingga lebih dari 50 juta kali. Prestasi ini tergolong luar biasa, sebab menurut riset AppBrain, Google Classroom bahkan di luar daftar 100 aplikasi populer pada awal Maret ini. Jumlah unduhan meningkat drastis, dan pada 10 Maret lalu Google Classroom menembus 5 besar aplikasi populer di wilayah Amerika Serikat. dan menerima berbagai ulasan yang menyebutkan bahwa aplikasi keluaran Google ini sangat membantu pembelajaran jarak jauh.

Seperti ulasan yang ditulis oleh Soraya Peterson yang merating Google Classroom dengan lima bintang. “Aplikasinya sangat bermanfaat. Memudahkan guru dan murid dalam belajar,” tulisnya. Pengulas lain pun juga memuji aplikasi ini, Muhammad Fikri A. Dia menuliskan bahwa aplikasi ini menjadi cara belajar baru di zaman sekarang. Murid dapat tetap terhubung dengan guru meskipun saat di luar sekolah. “Zaman sekarang, kami tidak harus mendegarkan guru menerangkan materi di depan kelas, namun kami tetap bisa belajar dengan memanfaatkan teknologi ini meskipun berada di luar sekolah,” tulisnya. Sementara di toko aplikasi iOS App Store, Google Classroom juga meraih peringkat pertama untuk kategori Pendidikan dengan “#1 Education” dan rating 4.0. (RKZ)