Ingin Jadi Programmer Handal? Tongkrongi Situs Ini

Ilustrasi; Learning Programming. (Simplilearn)

Programming adalah metode yang digunakan programmer untuk menjalankan serangkaian instruksi menggunakan satu bahasa pemrograman atau lebih. Ada sekitar 700 bahasa pemrograman yang tersedia di seluruh dunia. Beberapa bahasa pemrograman yang paling populer adalah C, C++, Java, dan Python.

Untuk menjadi seorang programmer tidaklah mudah, butuh keseriusan, siap menghadapi tantangan, dan masih banyak lagi. Selain itu, banyak yang menganggap bahwa untuk belajar programming butuh biaya besar. Anggapan itu tidak semuanya benar. Sudah banyak Platform di Internet yang menyediakan pembelajaran online murah bahkan gratis.

Diantara banyak Platform yang membuka kelas belajar programming tentu mempunyai kelebihan masing-masing. Berikut platform bisa dijadikan alternatif belajar bahasa pemrograman bagi anda yang berminat menjadi programmer handal dan profesional.

1. Coursera

Coursera adalah perusahaan teknologi pendidikan Amerika Utara yang didirikan oleh Profesor Ilmu Komputer Andrew Ng dan Daphne Koller. Berkantor pusat di kota Mountain View, California, AS , Coursera menawarkan kursus online di berbagai bidang minat, semuanya 100% online dan dengan sertifikasi.

Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa semua program pada platform Coursera berkualitas tinggi. Profesor mereka, sebagian besar, profesor universitas dari institusi terkenal Amerika. Selain itu, platform ini memiliki fitur teknologi canggih yang memungkinkan pengguna pengalaman yang berkualitas, menyenangkan dan menarik. Siswa memiliki perendaman nyata dalam konten yang dipelajari, memiliki rangsangan yang memungkinkan belajar secara efisien.

Meskipun Coursera adalah platform untuk kursus kejuruan jangka panjang dan penuh, yang biasanya dibayar, ada lebih dari 900 kursus di platform Coursera yang didistribusikan secara gratis. Di antara kursus gratis yang Anda temukan di platform Coursera, Anda dapat menemukan tema yang sangat beragam.

Situs Web: www.coursera.org

2. GitHub

GitHub adalah manajemen proyek dan sistem versioning code sekaligus platform jaringan sosial yang dirancang khusus bagi para developer. Dengan platform ini, Anda bisa bekerja bersama-sama dengan rekan dari berbagai berlahan dunia, merencanakan proyek, dan bahkan tracking (melacak) pekerjaan Anda.

Advertisements

Github seperti buku referensi untuk para coder. Github mampu memenuhi hampir semua keingintahuanmu. Semacam Kaskus-nya koding gitu. Kamu bisa menampilkan hasil kodingmu dan berdiskusi dengan pengguna lainnya. Faktanya, jika kamu programmer profesional, sebaiknya mulai membuat akun Github karena banyak industri kreatif mencari programmer handal di situs ini.

Situs Web: www.github.com

3. Codecademy

Codecademy adalah platform interaktif online yang menawarkan kelas pengkodean gratis di lebih dari 12 bahasa pemrograman yang berbeda termasuk HTML & CSS, JavaScript, Java, jQuery, SQL, PHP, Python. Lebih dari 26 juta siswa telah mendapat manfaat dari situs web interaktif ini yang didedikasikan untuk mengajar orang bagaimana cara membuat kode.

Situs Web: www.codecademy.com

4. Udemy

Udemy adalah pasar global untuk belajar dan mengajar secara online sehingga siswa dapat menguasai keterampilan baru dan mencapai tujuan mereka dengan belajar dari perpustakaan ekstensif dengan lebih dari 55.000 kursus yang diajarkan oleh instruktur ahli. Setiap orang dapat menjadi instruktur atau pengajar di udemy dengan mendaftar pada akun udemy.com. Akun ini dibuka untuk umum dan dapat di akses melalui komputer ataupun handphone.

Sistem pada udemy mengadopsi sistem Massive Open Online Course (MOOC). Sebuah Massive Open Online Course (MOOC) adalah sistem pembelajaran berupa kursus online secara besar-besaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tak terbatas dan dapat diakses melalui web.

Selain menyediakan materi kursus tradisional seperti video, pembacaan dan pembahasan masalah, MOOCs juga menyediakan forum pengguna interaktif yang membantu dalam membangun komunitas untuk mahasiswa, dosen, dan asisten pengajar (TA). MOOCs merupakan perkembangan terbaru dalam hal pendidikan jarak jauh (e-Learning). Instruktur yang menyediakan kursus dapat menggratiskan jasa pengajaran yang mereka buat. Namun, instruktur juga dapat menentukan harga yang harus dibayarkan oleh siswa.

Situs Web: www.udemy.com